• Box Redaksi
  • Kontak & Info Iklan
  • Disclaimer
  • Kebijakan Privasi
  • Pedoman Media Siber
  • Lingkar Network
    • LINGKAR.NEWS
    • BERITAJATENG.ID
    • KABARHARIINI.ID
  • Developer
Minggu, Juni 8, 2025
lingkarjateng.id
  • BERANDA
  • REGIONAL
    • Pati Hari Ini
    • Kudus Hari Ini
    • Rembang Hari Ini
    • Blora Hari Ini
    • Demak Hari Ini
    • Jepara Hari Ini
    • Kendal Hari Ini
    • Grobogan Hari Ini
    • Semarang Hari Ini
    • Batang Hari Ini
    • Salatiga Hari Ini
    • Pekalongan Hari Ini
  • POLITIK
  • PERISTIWA
  • ARTIKEL
    • Wisata
    • Guru Menulis
    • Inspiratif
    • Keagamaan
    • Opini
No Result
View All Result
  • BERANDA
  • REGIONAL
    • Pati Hari Ini
    • Kudus Hari Ini
    • Rembang Hari Ini
    • Blora Hari Ini
    • Demak Hari Ini
    • Jepara Hari Ini
    • Kendal Hari Ini
    • Grobogan Hari Ini
    • Semarang Hari Ini
    • Batang Hari Ini
    • Salatiga Hari Ini
    • Pekalongan Hari Ini
  • POLITIK
  • PERISTIWA
  • ARTIKEL
    • Wisata
    • Guru Menulis
    • Inspiratif
    • Keagamaan
    • Opini
No Result
View All Result
lingkarjateng.id
No Result
View All Result
Home Artikel

Project Based Learning Tingkatkan Berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA

Sekar Sari by Sekar Sari
Kamis, 05-Jan-2023
in Artikel, Guru Menulis
POTRET: Nur Amanah, S.Pd., Guru SDN 01 Cibuyur, Kabupaten Pemalang (Istimewa/Lingkarjateng.id)

POTRET: Nur Amanah, S.Pd., Guru SDN 01 Cibuyur, Kabupaten Pemalang (Istimewa/Lingkarjateng.id)

926
VIEWS
Bagikan di WhatsAppBagikan di FacebookBagikan di Twitter

Oleh: Nur Amanah, S.Pd., Guru SDN 01 Cibuyur, Kabupaten Pemalang

UNDANG-UNDANG Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menjabarkan bahwa kegiatan pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada lingkungan belajar yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik sehingga menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab.

Salah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan kita adalah masalah lemahnya proses pembelajaran. Proses pembelajaran di kelas sering kali diarahkan kepada kemampuan anak untuk menghafal, otak anak selalu dipaksa untuk mengingat dan menimbun berbagai informasi tanpa dituntut untuk memahami informasi tersebut untuk dapat dihubungkan dengan kehidupan nyata sehari-hari.

Cucu Ki Hadjar Dewantara, Antarina F. Amir. (Dok. Lingkarjateng.id)

Cucu Ki Hadjar Dewantara Kembangkan Pendidikan Bertaraf Internasional untuk Anak Negeri

8 Juni 2025
BANGGA: Empat santri SMP Ruq Al Falah Salatiga menunjukan piagam penghargaan dan medali emas yang diraih di ajang internasional World Young Inventors Exhibition (WYIE) 2025 di pondok utama Al Falah, Salatiga, Selasa, 3 Juni 2026. (Dok.Smp Ruq Alfalah Salatiga/Lingkarjateng.id)

Inovasi Salatigaverse Antar Santri Sabet Emas di Ajang WYIE 2025

3 Juni 2025

Mengajak siswa berpikir kritis termasuk salah satu tujuan dari pembelajaran IPA. Pelaksanaan pembelajaran yang cenderung monoton tanpa memperhatikan partisipasi aktif siswa menjadi salah satu penyebab rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Dalam pembelajaran IPA guru dituntut untuk kreatif dalam menyajikan materi pelajaran. Hal ini dimaksud agar tujuan pembelajaran dapat terlaksana secara maksimal serta mampu meningkatkan siswa dalam berpikir kritis.

Kurikulum 2013 menuntut hasil belajar yang begitu lengkap dan baik, yakni hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotor. Seseorang dengan pikiran kreatif tinggi tentu akan mendapatkan hasil belajar yang baik. Namun berpikir kreatif yang tinggi jika tidak diimbangi dengan proses pembelajaran yang mendukung hasilnya tidak sesuai dengan kemampuannya. Penerapan kurikulum 2013 menuntut guru menggunakan pendekatan dan model pembelajaran yang lebih inovatif dan kreatif. Oleh karena itu dibutuhkan model pembelajaran efektif yang baik dan benar untuk membentuk peserta didik dapat belajar mandiri tanpa melupakan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik, salah satunya dengan menggunakan model berbasis proyek seperti model Project Based Learning (PjBL).

Pembelajaran berbasis proyek adalah metode pembelajaran yang menggunakan proyek/kegiatan sebagai media. Peserta didik melakukan eksplorasi, penilaian, interpretasi, sintesis, dan informasi untuk menghasilkan berbagai bentuk hasil belajar. Project Based Learning adalah model pembelajaran yang tepat untuk dapat meningkatkan siswa dalam berpikir kritis.

guru menulis nur aminah

Berpikir kritis ( Angelo , 1995) adalah mengaplikasikan rasional, kegiatan berpikir yang tinggi, mengenali permasalahan dan pemecahannya, menyimpulkan serta mengevaluasi.

Penerapan dalam kegiatan belajar pada kurikulum 2013 menggunakan pembelajaran Tematik. Pembelajaran Tematik yaitu pengintegrasian suatu materi dari beberapa muatan pelajaran menjadi suatu tema atau topik pembelajaran sehingga peserta didik akan belajar lebih baik dan bermakna. Peserta didik seringkali merasa bosan dengan pembelajaran Tematik yang terkesan teks book, sehingga tingkat berpikir kritis siswa rendah, yang berimbas pula pada rendanya hasil belajar siswa.

Untuk meningkatkan berpikir kritis siswa, penulis menggunakan model pembelajaran Project based learning dengan media sebagai perantara dalam menyampaikan materi pelajaran Tematik . Media yang digunakan yaitu berupa Augment reality (Asemblr Edu ).

Kata media berasal dari bahasa latin dan merupakan bentuk jamak dari kata medium yang secara harfiah berarti perantara atau pengantar. Media adalah perantara atau pengantar pesan dari pengirim ke penerima pesan. Sudah selayaknya kalau media tidak lagi hanya kita pandang sebagai alat bantu belaka bagi guru untuk mengajar, tetapi lebih sebagai alat penyalur pesan dari pemberi pesan ke penerima pesan (peserta didik/pelajar). Sebagai pembawa pesan, media tidak hanya digunakan oleh guru tetapi yang lebih penting lagi dapat digunakan oleh peserta didik (Sadiman, 2012:6).

Media merupakan alat bantu yang dapat memberikan pengalaman konkrit, tidak membosankan, belajar menjadi menyenangkan, meningkatkan motivasi belajar serta memiliki daya serap tinggi dalam belajar peserta didik. Media yang digunakan dalam proses pembelajaran berupa gambar, suara, video, animasi, film atau objek lainnya.

Augment reality (AR) adalah teknologi yang memperoleh penggabungan secara real- time terhadap digital konten yang dibuat oleh komputer dengan dunia nyata. Augment reality memperbolehkan pengguna melohat objek maya 2D atau 3D yang diproyeksikan terhadap dunia nyata. Assemblr edu adalah aplikasi yang memungkinkan guru dan murid untuk membuat dan berbagi bahan belajar interaktif menggunakan teknologi Augmnet reality (AR).

Penggunaan model pembelajaran PJBL dengan media AR dalam pembelajaran ini penulis terapkan untuk mengajar di kelas V Tema 6 Panas dan Perpindahannya, Subtema 1 Suhu dan Kalor. Karena sebagian besar peserta didik masih kesulitan dalam menganalisis perbedaan suhu dan kalor.

Adapun penerapan penggunaan model PJBL dalam pembelajaran yang penulis lakukan yaitu sebagai berikut:

Langkah-langkah pembelajaran berbasis proyek yang dikembangkan oleh The George Lucas Educational Foundation (dalam Donni, 2017:216) adalah sebagai berikut:

1) Dimulai dengan pertanyaan esensial (start with the essential question)

Pertanyaan dimulai dengan pertanyaan esensial, yaitu pertanyaan yang dapat mengeksplorasikan pengetahuan awal peserta didik serta memberi penugasan peserta didik dalam melakukan suatu aktivitas.

2) Mendesain rencana proyek (design a plan for the project)

Tahap ini guru membantu peserta didik untuk menentukan judul proyek yang sesuai dengan materi dan permasalahannya.

3) Membuat jadwal (create a schedule)

Tahap ketika guru dan peserta didik secara kolaboratif menyusun jadwal aktivitas dalam menyelesaikan produk.

4) Memonitor peserta didik dan memantau perkembangan proyek (monitor the students and the progress of the project)

Guru bertanggung jawab untuk melakukan monitor terhadap aktivitas peserta didik selama menyelesaikan produk.

5) Menilai hasil (asess the outcome)

Penilaian dilakukan untuk membantu guru dalam mengukur ketercapaian standar dan tujuan belajar.

6) Mengevaluasi pengalaman (evaluasi the experience)

Pada tahap ini, guru meminta siswa untuk mengungkapkan perasaan dan pengalamannya selama menyelesaikan proyek.

nur aminah
nur aminah2

Berdasarkan pengalaman penulis, penggunaan model pembelajaran berbasis proyek (PJBL) dalam pembelajaran terbukti mampu meningkatkan berpikir kritis siswa yang berimbas pada meningkatnya hasil belajar peserta didik di kelas V Tema 6 Panas dan Perpindahannya, Subtema 1 Suhu dan Kalor.

Tags: ArtikelGuru menulispendidikan
Previous Post

Proyek Rp 1,4 Miliar di Bandara Ngloram Akhirnya Dihentikan Sementara

Next Post

Tembus Rp 193 Miliar, Silpa Pemkab Blora Lebih Tinggi dari Hutang Daerah

Post Terkait

Ilustrasi Menyimpan daging qurban agar qurban (gemini)
Artikel

6 Tips Menyimpan Daging Qurban Agar Terjaga Kualitasnya

by Admin
5 Juni 2025

PATI, LINGKAR - Idul Adha merupakan momentum penting dalam kehidupan umat Islam, yang sarat dengan nilai-nilai keikhlasan dan pengorbanan. Hewan...

Read moreDetails
ILUSTRASI: Kegiatan mahasiswa Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN). (IPDN/Lingkarjateng.id)

Melihat Profil IPDN, Sekolah Kedinasan Dibawah Naungan Kemendagri

30 Mei 2025
Gedung utama 1 IPDN Jatinangor, Sukabumi. (Ipdn.ac.id)

Sejarah IPDN yang Jadi Lokasi Retret Kepala Daerah Gelombang II

30 Mei 2025
image 1

11 Tempat Ziarah di Magelang yang Sarat dengan Sejarah

13 Mei 2025
Monumen Bandeng Pati

9 Wisata Religi di Kabupaten Pati

24 April 2025
Load More

BERITA UTAMA

MENGANYAM: Sejumlah warga tampak sibuk membuat anyaman pandan di Desa Tergo, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus. (Nisa Hafizhotus Syarifa/Lingkarjateng.id)
Kudus Hari Ini

Keunikan Anyaman Pandan Tergo Kudus yang Tembus Pasar Internasional

by Ulfa Puspa
7 Juni 2025

KUDUS, Lingkarjateng.id - Sudah pernah dengar produk anyaman Pandan Tergo? Buah tangan asli dari Kabupaten Kudus...

Read moreDetails
POTRET: Tampak tugu ikonik di wisata Taman Sardi, Desa Kajar, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus. (Nisa Hafizhotus Syarifa/Lingkarjateng.id)

Taman Sardi, Rekomendasi Wisata Outbound di Lereng Gunung Muria

6 Juni 2025
Rapat Koordinasi: Suasana rapat koordinasi dokter spesialis anak terkait penanganan stunting di Rumah Sakit Mardirahayu Kabupaten Kudus, pada Rabu, 4 Juni 2025. (Fahtur Rohman/Lingkarjateng.id)

DKK Kudus Kolaborasi 7 Rumah Sakit Selaraskan Penanganan Stunting

5 Juni 2025
PELATIHAN: Kepala Disdikpora Kudus, Harjuna Widada, membuka pelatihan operator SPMB online di Pusat Belajar Guru (PBG) Kudus, Kamis, 5 Juni 2025. (Fahtur Rohman/Lingkarjateng.id)

Disdikpora Kudus Minta Operator SPMB SMP Sabar Bantu Pendaftaran Siswa

5 Juni 2025
SIMULASI: Simulasi pelaksanaan Seleksi Penerimaan Murid Baru (SPMB) SMP N 1 Kudus. (Fahtur Rohman/Lingkarjateng.id)

SPMB 2025, SMPN 1 Kudus Siapkan 8 Perangkat Komputer dan Operator

4 Juni 2025

BERITA TRENDING

MENINJAU: Bupati Pati Sudewo meninjau Alun-Alun Kembangjoyo untuk pematangan perencanaan pembangunan, Kamis, 5 Juni 2025. (Mutia Parasti/Lingkarjateng.id)
Pati Hari Ini

Bupati Pati Akan Pusatkan Perkantoran Tak Representatif di Alun-Alun Kembangjoyo

by Ulfa Puspa
5 Juni 2025

PATI, Lingkarjateng.id – Bupati Pati Sudewo mengecek luasan Alun-Alun Kembangjoyo guna mematangkan rencana pembangunan di tahun 2026. Proyek pembangunan Alun-Alun...

Read moreDetails
OLAHRAGA: Tim basket sedang menjalani latihan di Stadion Joyokusumo Pati. (Mutia Parasti/Lingkarjateng.id)

Bupati Sudewo Akan Renovasi Stadion Joyokusumo Pati Berstandar FIFA

7 Juni 2025
BERENANG: Tampak wisatawan sedang bermain di kolam renang Bukit Karetan, Kabupaten Kudus. (Nisa Hafizhotus. S/Lingkarjateng.id)

Bukit Karetan Kudus Tawarkan Suasana Berenang di Lereng Gunung Muria

31 Mei 2025

Post Terbaru

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Jepara, Florentina Budi Kurniawati. (Tomi Budianto/Lingkarjateng.id)

Libur Idul Adha, Pelayanan Pajak di Jepara Kembali Buka 10 Juni

8 Juni 2025
Prosesi pemotongan tumpeng dalam perayaan HUT ke-17 SATRIA di Kantor DPC Partai Gerindra Kudus, Minggu, 8 Juni 2025. (Dok. Lingkarjateng.id)

Rayakan HUT ke-17, SATRIA Gerindra Kudus Teguhkan Komitmen Bantu Masyarakat

8 Juni 2025
Cucu Ki Hadjar Dewantara, Antarina F. Amir. (Dok. Lingkarjateng.id)

Cucu Ki Hadjar Dewantara Kembangkan Pendidikan Bertaraf Internasional untuk Anak Negeri

8 Juni 2025
Sekretaris DPD PDIP Jawa Tengah Sumanto saat menyerahkan puluhan hewan kurban itu secara simbolis di Panti Marhaen, Kota Semarang, Sabtu, 7 Juni 2025

DPD PDIP Jateng Potong Hewan Kurban, Sapi Bambang Pacol Jadi Perhatian

8 Juni 2025
lingkarjateng.id

Lingkarjateng.id adalah media online yang menerbitkan berita terbaru dan teraktual di wilayah Jawa Tengah, berita yang kami terbitkan padat mendalam dan terpercaya, meliputi info wilayah Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Kabupaten Kudus, Kabupaten Demak, Kabupaten Kendal, Kabupaten Pati, Kabupaten Jepara, Kabupaten Blora, Kabupaten Rembang, Kabupaten Grobogan, Kota Salatiga dan Kabupaten Batang

Follow Us

  • Box Redaksi
  • Kontak & Info Iklan
  • Disclaimer
  • Kebijakan Privasi
  • Pedoman Media Siber
  • Lingkar Network
  • Developer

© 2021 Lingkarjateng.id - Mendalam Terpercaya

No Result
View All Result
  • Beranda
  • Jateng Hari Ini
    • Kesehatan
    • Bisnis & Ekonomi
    • Wisata
    • Hukum dan Kriminal
    • Olahraga
    • Pendidikan
    • Teknologi & Informatika
  • Regional
    • Pati Hari Ini
    • Kudus Hari Ini
    • Jepara Hari Ini
    • Rembang Hari Ini
    • Blora Hari Ini
    • Kendal Hari Ini
    • Demak Hari Ini
    • Grobogan Hari Ini
    • Semarang Hari Ini
    • Batang Hari Ini
    • Salatiga Hari Ini
  • Politik & Pemerintahan
  • Artikel
    • Inspiratif
    • Guru Menulis
  • Lingkar TV
  • Box Redaksi
  • Kontak & Info Iklan

© 2021 Lingkarjateng.id - Mendalam Terpercaya