Truk Trailer Muatan Boneka Terguling di Bawen, Polisi: Tak Ada Korban Jiwa

MELINTANG: Sejumlah petugas dari Satlantas Polres Semarang melakukan conter flow, akibat tergulingnya sebuah kendaraan truk kontainer di tanjakan Mangkelang, Kelurahan Asinan, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang atau tepatnya di ruas Jalan Salatiga-Bawen, pada Rabu petang, 11 November 2023. (Hesty Imaniar/Lingkarjateng.id)

MELINTANG: Sejumlah petugas dari Satlantas Polres Semarang melakukan conter flow, akibat tergulingnya sebuah kendaraan truk kontainer di tanjakan Mangkelang, Kelurahan Asinan, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang atau tepatnya di ruas Jalan Salatiga-Bawen, pada Rabu petang, 11 November 2023. (Hesty Imaniar/Lingkarjateng.id)

SEMARANG, Lingkarjateng.id – Sebuah truk trailer dengan muatan boneka terguling, di tanjakan Mangkelang, Kelurahan Asinan, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang, sekitar jam 16.20 WIB, Rabu, 11 November 2023.

Kasat Lantas Polres Semarang AKP Arpan mengungkapkan truk pengangkut mainan anak-anak berbahan plastik itu terguling karena tidak kuat menanjak.

“Truk bernopol H 8634 QG ini melakukan perjalanan dari arah Kota Salatiga menuju ke arah Semarang. Dan tepatnya di Jalan Raya Salatiga-Bawen, tepatnya di tanjakan Mangkelang, truk itu tidak kuat menanjak di tanjakan tersebut. Meski demikian, pada kejadian tersebut tidak ada korban yang dilaporkan kepada kami,” katanya kepada Lingkar, Kamis, 9 November 2023.

AKP Arpan menjelaskan kronologi peristiwa bermula saat truk berjenis Mikrobus yang dikendari oleh Suhartoyo (63) warga Semarang itu, mengalami masalah pada truk bagian belakang.

“Jadi si sopir ini merasa ada masalah di bagian belakang truk trailer itu, ia menyebut ada kerusakan. Sehingga ketika di lokasi kejadian truk itu tidak kuat menanjak sehingga sempat berjalan mundur ke belakang, lalu terguling,” paparnya.

Pada saat terguling, lanjut AKP Arpan, bersamaan melaju sebuah kendaraan Mikrobus dengan nopol H 7527 OC. Karena jaraknya yang dekat, kontainer yang tergulir itu mengenai bagian kanan belakang Mikrobus tersebut.

“Kendaraan Mikrobus ini sempat mencoba menghindar, sehingga bagian kanan belakang Mikrobus inilah yang terkena kontainer yang terguling tersebut. Beruntung, penumpang maupun sopir Mikrobus selamat, dan tidak ada korban sama sekali,” jelasnya.

Karena terguling, badan kontainer yang melintang itupun menutup jalan dari arah Salatiga-Bawen yang menyebabkan kemacetan di ruas lajur tersebut.

“Badan kontainer ini terguling dengan posisi berada ditengah jalan raya tersebut, sehingga mengakibatkan kemacetan atau antrian kendaraan. Sehingga kami melakukan contra flow dari arah Salatiga menuju Bawen dimana dengan memberlakukan satu jalur baik dari Bawen-Salatiga dan sebaliknya,” jelas AKP Arpan.

Dan sekitar jan 17.45 WIB, kontainer yang tergulir di tengah jalan Salatiga-Bawen itu berhasil dipindahkan di pinggir jalan raya tersebut.

“Lalu, personel kami melakukan pengaturan kembali guna mengurai antrian kendaraan di seputar kejadian kecelakaan,” imbuhnya.

Kasat Lantas Polres Semarang itu juga menghimbau agar pengguna jalan, terutama kendaraan bermuatan barang yang memasuki wilayah Kabupaten Semarang untuk mematuhi peraturan yang ada.

“Diharap tonase muatan disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku. Sehingga tidak menimbulkan gangguan Kamseltibcar Lantas. Mengingat kontur jalur di Kabupaten Semarang banyak sekali tanjakan dan turunan, sehingga kendaraan dituntut prima demi kelancaran berlalu lintas bersama,” pungkasnya. (Lingkar Network | Hesty Imaniar – Lingkarjateng.id)

Exit mobile version