Transparansi Anggaran, Masyarakat Berhak Akses Rencana Umum Pengadaan

Transparansi Anggaran Masyarakat Berhak Akses Rencana Umum Pengadaan

BERI KETERANGAN: Kepala Sub Bagian Pengelolaan Pengadaan Barang Jasa, Arif Pujianto. (Tangkapan Layar Lingkar TV/Lingkarjateng.id)

PATI, Lingkarjateng.id – Kini, masyarakat dituntut untuk melek pengetahuan, terkait rencana umum pengadaan. Hal ini, demi tercapainya pengadaan yang baik.

Melalui website Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah, kini masyarakat dapat mengakses tanpa batasan waktu dan lokasi.

Ragam pengadaan barang jasa oleh pemerintah, membawa masyarakat  Kabupaten Pati untuk tetap jeli dan teliti dalam melakukan pengawasan. Ragam pengadaan barang jasa ini,  kini terangkum dalam website Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP) Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (LKPP).

Melalui SIRUP LKPP yang  dapat  diakses oleh semua masyarakat ini, rancangan umum pengadaan pun setiap awal tahun anggaran akan diunggah maksimal pada 31 Maret, meskipun nantinya ada perubahan ketika pelaksanaan.

Kepala Sub Bagian Pengelolaan Pengadaan Barang Jasa, Arif Pujianto menuturkan, untuk SIRUP LKPP ini, segala informasi terkait rencana umum pengadaan ini berisi informasi yang beragam dari Kementerian, Pemerintah Daerah Kabupaten maupun lembaga. Sehingga dari ragam informasi ini, dapat sampai di masyarakat sebagai wujud transparansi dan menjadi sarana kontrol oleh masyarakat.

“Masyarakat yang bisa mengakses laman tersebut bisa mengakses laman sirup.lkpp.co.id. RUP (Rencana Umum Pengadaan, red) itu kan terbuka untuk umum. Itu nasional, mulai dari Kementerian, Pemerintah Daerah Kabupaten, dan lembaga itu ada semua,” kata Kepala Sub Bagian Pengelolaan Pengadaan Barang Jasa, Arif Pujianto.

Pihaknya berharap, dengan adanya kemudahan dan transparansi data, masyarakat tentunya dapat mengakses kemudahan ini. Sehingga terdapat kontrol dari masyarakat dan pengadaan barang menjadi lebih baik. (Lingkar Network | Mutia Parasti – Lingkar TV)

Exit mobile version