Tingkatkan Ekonomi Daerah, DPRD Pati Suyono Dorong Pembinaan UMKM

Anggota DPRD Pati, Suyono. (Setyo Nugroho/Lingkarjateng.id)

Anggota DPRD Pati, Suyono. (Setyo Nugroho/Lingkarjateng.id)

PATI, Lingkarjateng.idDewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) menyinggung soal ekonomi kerakyatan yang mengalami penurunan. Hal ini dibahas dalam salah satu agenda rapat paripurna DPRD Pati beberapa waktu lalu bersama Penjabat Bupati Pati dan Organisasi Perangkat Daerah terkait.

Anggota DPRD Pati Suyono pada kesempatan  itu memberikan masukan agar Pemerintah Kabupaten Pati dapat bersinergi untuk meningkatkan perekonomian daerah. Salah satunya dengan melakukan pembinaan terhadap pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“Dalam rangka mendorong perekonomian rakyat di wilayah Kabupaten Pati untuk memberikan pembinaan terhadap UMKM berupa pelatihan. Karena jika peran UMKM dimaksimalkan maka perekonomian di Kabupaten Pati juga akan meningkat,” ujar anggota DPRD Pati Suyono belum lama ini.

Anggota DPRD Pati dari fraksi PDI Perjuangan ini juga mengusulkan agar ada perbaikan pengeloaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

“Untuk BUMDes di setiap desa pengelolaannya belum sesuai dengan undang-undang atau aturan BUMDes. Hal tersebut bisa dilakukan dengan mendayagunakan segala potensi ekonomi, kelembagaan perekonomian serta potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang ada,” bebernya.

Menurutnya dengan meluruskan kembali pengelolaan BUMDes sesuai dengan undang-undang maka perekonomian desa dapat ditingkatkan. (Lingkar Network | Setyo Nugroho – Lingkarjateng.id)

Exit mobile version