Terus Meluas, 12 Kecamatan di Pati Dikepung Banjir

BANJIR: Kondisi banjir di Dusun Biteng, Desa Banjarsari, Kecamatan Gabus, Kabupaten Pati pada Senin, 2 Januari 2023. (Arif Febriyanto/Lingkarjateng.id)

BANJIR: Kondisi banjir di Dusun Biteng, Desa Banjarsari, Kecamatan Gabus, Kabupaten Pati pada Senin, 2 Januari 2023. (Arif Febriyanto/Lingkarjateng.id)

PATI, Lingkarjateng.idHujan deras yang terus mengguyur wilayah Kabupaten Pati dalam sepekan terakhir membuat sebelas kecamatan terendam banjir. Kesebelas kecamatan tersebut adalah Sukolilo, Gabus, Kayen, Pati, Jakenan, Margorejo, Tambakromo, Juwana, Tayu, Dukuhseti, Margoyoso dan Batangan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pati, Martinus Budi Prasetya, mengungkapkan bahwa tingginya curah hujan mengakibatkan Sungai Juwana tidak mampu menampung debit air. Akibatnya ribuan rumah warga tergenang air dan melumpuhkan aktivitas warga.

Bahkan di Kecamatan Gabus, sebanyak 14 desa terdampak. Antara lain Mintobasuki, Banjarsari, Babalan, Kosekan, Pantirejo, Soko, Koripandriyo, Tanjunganom, Tlogoayu, Tanjang, Sunggingwarno, Wuwur, Gempolsari, dan Sambirejo.

Meski tidak ada korban jiwa, ratusan hektare sawah milik warga terancam gagal panen. 

Selain itu, banjir juga mengakibatkan akses jalan dari Kecamatan Winong menuju Pati Kota lumpuh total. Masyarakat yang ingin menuju kota pun harus memutar lebih jauh guna menghindari banjir.

Hujan Lebat di Pati, 261 Rumah di Desa Banjarsari Terendam Banjir

Hingga saat ini, pihak BPBD masih melakukan proses pendataan terkait jumlah pengungsi dan rumah rusak.

“Jalan Raya Sukolilo-Kudus tidak bisa dilewati, kedalaman air sekitar 30-50 cm. Begitu juga Jalan Pati-Gabus dengan kondisi serupa,” kata Martinus, pada Senin, 2 Januari 2023.

Sebagai bentuk antisipasi, BPBD telah mendirikan posko bantuan di Desa Banjarsari, Kecamatan Gabus. Begitupun dengan fasilitas kesehatan dari Dinas Kesehatan sudah disiagakan.

“Kebutuhan alat evaluasi sangat dibutuhkan. Dapur umum mulai didirikan. Dan informasi terkait cuaca dari BMKG hujan sedang-lebat,” tambahnya.

Mengingat intensitas hujan yang diprediksi masih tinggi, BPBD Pati mengimbau masyarakat untuk waspada adanya banjir susulan. Pasalnya, bendungan yang ada di Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus mulai penuh. (Lingkar Network | Arif Febriyanto – Lingkarjateng.id)

Exit mobile version