Tega! Bayi Baru Lahir Dibuang di Dukuhseti Pati

PEDULI: Ketua PKK Kecamatan Dukuhseti, Irma Agus Sunarko (kanan/menggendong bayi), meninjau kondisi bayi baru lahir yang dibuang di Dukuh Krajan, Desa Tegalombo, Kecamatan Dukuhseti pada Jumat, 14 April 2023. (Istimewa/Lingkarjateng.id)

PEDULI: Ketua PKK Kecamatan Dukuhseti, Irma Agus Sunarko (kanan/menggendong bayi), meninjau kondisi bayi baru lahir yang dibuang di Dukuh Krajan, Desa Tegalombo, Kecamatan Dukuhseti pada Jumat, 14 April 2023. (Istimewa/Lingkarjateng.id)

PATI, Lingkarjateng.id – Warga Dukuh Krajan, RT 7 RW 1 Desa Tegalombo, Kecamatan Dukuhseti, Kabupaten Pati geger saat menemukan bayi baru lahir dibuang di rumah milik Ibu Aris Juwanti pada Jumat, 14 April 2023.

Menurut informasi yang dihimpun, bayi berjenis kelamin laki-laki itu dibuang dan diwadahi tas anyaman berwarna oranye. Bayi di dalam tas anyaman itu hanya dibalut dengan kain sarung warna merah dan ditaruh di depan teras rumah warga.

Sementara itu, menurut keterangan warga, pada dini hari tampak sepeda motor yang lewat lalu berhenti sejenak di rumah Ibu Aris kemudian langsung pergi.

TEGA: Bayi baru lahir dibuang di Desa Tegalombo, Kecamatan Dukuhseti, Kabupaten Pati pada Jumat, 14 April 2023. (Istimewa/Lingkarjateng.id)

Berdasarkan laporan kepolisian setempat, kronologis penemuan bayi baru lahir itu diketahui oleh Aris Juwanti saat hendak mengantar anaknya pergi ke sekolah. Saat itu ia melihat sebuah tas keranjang anyaman berwarna oranye.

“Saat didekati ternyata seorang bayi laki-laki terbungkus kain sarung warna merah,” ujar Aris Juwanti.

Selanjutnya, Aris mengabari Wakini untuk datang agar melihat bayi yang baru saja ditemukan di depan teras rumahnya. Kemudian melapor ke Kepala Desa Tegalombo, Sumijah.

“Diperiksa Kades, kondisi masih hidup kemudian lapor ke Polsek Dukuhseti,” lanjutnya.

Bayi baru lahir itu telah ditangani oleh bidan Eka Permatasari sebagai pertolongan pertama.  Kemudian dibawa ke Puskesmas Dukuhseti untuk dilakukan perawatan lebih lanjut. Kondisi bayi laki-laki sehat dengan berat 2,6 Kilogram dan panjang 46,5 centimeter

Mendengar kabar ini, Ketua PKK Kecamatan Dukuhseti, Irma Agus Sunarko, bergerak cepat meninjau langsung kondisi kesehatan bayi tersebut yang kini dirawat di Puskesmas Kecamatan Dukuhseti.

Terpisah, Kapolsek Dukuhseti AKP Sukarno membenarkan penemuan bayi di depan rumah warga Aris Juwanti pada Jumat, 14 April 2023. Dirinya mengatakan mendapat laporan dari warga terkait penemuan bayi yang kemudian langsung melakukan olah tempat kejadian.

“Setelah ada laporan kami langsung datang ke TKP bersama dengan anggota Koramil Dukuhseti dan Puskesmas, kemudian bayi tersebut dibawa ke Puskesmas Dukuhseti untuk dilakukan perawatan lebih lanjut, ” imbuhnya.

Ia mengatakan bahwa pihak Polsek Dukuhseti akan melakukan investigasi lebih dalam untuk mencari siapa orang tua sang bayi. (Lingkar Network | Arif Febriyanto – Lingkarjateng.id)

Exit mobile version