Tanggul Jebol di Mejobo Kudus, Puluhan Sawah dan Rumah Terendam Banjir

BANJIR: Tanggul jebol akibatkan puluhan rumah dan sawah terendam banjir di Desa Golantepus, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus. (Ihza Fajar/Lingkarjateng.id)

BANJIR: Tanggul jebol akibatkan puluhan rumah dan sawah terendam banjir di Desa Golantepus, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus. (Ihza Fajar/Lingkarjateng.id)

KUDUS, Lingkarjateng.idTanggul jebol di Desa Golantepus RT 4 RW 4, Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus membuat puluhan desa dan hektaran sawah tergenang banjir.

Tanggul jebol terjadi lantaran intensitas hujan yang tinggi di Kabupaten Kudus. Selain itu, usia tanggul yang sudah cukup lama membuat tanggul tidak kuat menahan debit air yang mengalir.

Camat Mejobo, Zaenuri, mengatakan bahwa sebenarnya sudah dari satu minggu yang lalu kondisi tanggul tersebut sudah parah dan sempat diberi antisipasi sementara oleh warga.

“Sudah seminggu lalu warga menutupi tanggul tersebut dengan pasir padas dan bambu, namun air yang deras dan banyak jadi gakuat. Normalnya paling 4 meter ketinggian air, ini sampe atas antara 5-6 meter,” ujarnya, pada Kamis, 2 Maret 2023.

Titik Tanggul Jebol di Mejobo Kudus Bertambah, Warga Khawatir Banjir

Pihaknya menyebutkan setidaknya hampir 60 rumah terendam dan kemasukan air dari sungai tersebut.

“Selain puluhan rumah, sawah juga ikut tergenang karena jebolnya ke pemukiman dan ke arah sawah yang ke timur,” lanjutnya.

Disisi lain, Abdurrohman, warga setempat yang rumahnya berada di depan jebolnya tanggul mengatakan bahwa kejadian tersebut terjadi sekitar jam 02.00 WIB dini hari. 

“Semalam setelah jebol saya dan warga sekitar mengatasi secara darurat dan ditutup sementara pakai pisang dan bambu untuk menahan air,” imbuhnya.

Ia mengaku, ini adalah pertama kalinya tanggul jebol di daerahnya selain itu juga terlihat banyak tanggul-tanggul yang bocor pada pondasinya.

“Sekitar sepuluh meter dari lokasi juga ada yang hampir jebol juga, terlihat dari mulai bocornya tanggul tersebut. Pagi ini tim dari BPBD dan Babinsa juga membantu mengatasi sementara tanggul ini,” paparnya

Menurut pantauan tanggul jebol dengan panjang sekitar dua meter dan beberapa jembatan di sekitar sungai turut terendam oleh ketinggian air tersebut. (Lingkar Network | Ihza Fajar – Koran Lingkar)

Exit mobile version