Tahap Pencermatan DCS Pemilu 2024 Pati Segera Berakhir

Plt Ketua KPU Pati: Supriyanto. (Khairul Mishbah/Lingkarjateng.id)

Plt Ketua KPU Pati: Supriyanto. (Khairul Mishbah/Lingkarjateng.id)

PATI, Lingkarjateng.idPelaksana Tugas (Plt) Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati Supriyanto mengungkap, Jumat, 11 Agustus 2023 merupakan hari terakhir masa pencermatan rancangan Daftar Calon Sementara (DCS) Pemilu 2024 yang masuk wilayah partai politik (parpol). Pasalnya, tahapan ini telah dimulai dari Minggu, 6 Agustus 2023.

“Pada masa ini, ada ruang untuk melakukan pergantian, termasuk mengganti nomor urut, mengganti daerah pemilihan bahkan mengganti calon, baik yang tidak memenuhi syarat (TMS) maupun memenuhi syarat (MS),” kata Supriyanto saat ditemui di Pati, Kamis, 10 Agustus 2023.

Setelah parpol melakukan pencermatan dan perubahan, Supriyanto menyatakan bahwa hasilnya akan diajukan lagi ke KPU Kabupaten Pati.

“Kita akan segera mencatat bahwa pengajuan awal 1-14 Mei di KPU Kabupaten Pati, jumlah calon legislatif (caleg) DPRD Kabupaten Pati ada 681. Kemudian masa perbaikan jumlahnya turun menjadi 595. Kemudian di masa pencermatan rancangan DCS bisa dikembalikan di 681,” jelasnya.

Lebih lanjut, Supriyanto menyebut jika pihaknya telah bersiap untuk mengumumkan daftar calon sementara yang akan dimulai pada tanggal 19 Agustus 2023.

Maka sebelum itu, lanjut Supriyanto, akan dilakukan tahap verifikasi terhadap pencermatan rancangan DCS. Jikalau memenuhi syarat, maka hasilnya akan segera diumumkan sebagai DCS oleh KPU Pati. 

“Kalau hasilnya tidak memenuhi syarat, tidak akan kita umumkan pada 19-23 Agustus nantinya,” tuturnya. (Lingkar Network | Khairul Mishbah – Lingkarjateng.id)

Exit mobile version