Sidak Limbah Jeans Wash, Petugas Kelurahan Buaran Kradenan Kota Pekalongan Tegur Industri Nakal

sidak pekalongan

SIDAK: Petugas Kelurahan Buaran Kradenan mengajak Ketua RW, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas setempat, untuk bersama-sama melakukan sidak, kepada industri yang membuang limbah sembarangan. Bertempat di home industry jeans wash di Jalan Pelita 2, Pekalongan Selatan, Senin (20/5). (Kominfo Kota Pekalongan/Lingkarjateng.id)

KOTA PEKALONGAN, Lingkarjateng.id – Menindaklanjuti aduan warga terkait pencemaran limbah di sungai sekitar, petugas Kelurahan Buaran Kradenan melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke dua home industri jeans wash di Jalan Pelita 2, Pekalongan Selatan, Senin (20/5).

Lurah Buaran Kradenan, Ryan Panji Festian, mengonfirmasi bahwa aduan tersebut diterima pada 26 Maret 2024.

Warga melaporkan bahwa dua home industri tersebut membuang limbah tanpa pengelolaan, langsung ke sungai.

“Setelah menerima aduan, kami segera bertindak dengan mengajak Ketua RW, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas setempat. Kami juga menyurati Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk bersama-sama melakukan sidak. Memberikan edukasi dan pembinaan agar industri tidak membuang limbah sembarangan,” ujar Ryan saat dihubungi, Kamis (23/5).

Hasil sidak menunjukkan bahwa kedua home industri tersebut belum memiliki Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL).

Pemilik industri membuang limbah langsung ke sungai, menyebabkan pencemaran yang mengkhawatirkan.

Tim sidak menemukan adanya limbah batu apung dan penggunaan busa modifikasi sebagai alat penggilas.

Ryan berharap, langkah ini dapat memberikan efek jera kepada pelaku industri nakal dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya pengelolaan limbah yang baik.

Pemerintah Kelurahan Buaran Kradenan berkomitmen untuk terus memantau dan menindaklanjuti setiap aduan warga demi menjaga lingkungan yang bersih dan sehat.

“Sanksi sementara yang diberikan adalah teguran lisan dan tertulis. Penanganan lebih lanjut akan kami bahas dengan DLH dalam rapat pada Senin mendatang,” pungkas Ryan. (Lingkar Network | Fahri Akbar – Lingkarjateng.id)

Exit mobile version