Semarakkan HUT ke-78 RI, WBP dan Petugas Rutan Salatiga Lomba Pitulasan

MERIAH : Warga binaan pemasyarakatan terlihat antusias mengikuti lomba pitulasan memperingati HUT ke 78 RI yang digelar Rutan Salatiga pada Selasa, 15 Agustus 2023. (Dok. Humas Rutan Salatiga/Lingkarjateng.id)

MERIAH : Warga binaan pemasyarakatan terlihat antusias mengikuti lomba pitulasan memperingati HUT ke 78 RI yang digelar Rutan Salatiga pada Selasa, 15 Agustus 2023. (Dok. Humas Rutan Salatiga/Lingkarjateng.id)

SALATIGA, Lingkarjateng.id Rumah Tahanan Negara (Rutan) Salatiga menggelar berbagai lomba untuk menyemarakkan peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia dan Hari Dharma Karyadhika (HDKD) atau hari Kementerian Hukum dan HAM, pada Selasa, 15 Agustus 2023. Lomba yang digelar ini sekaligus menjadi wahana untuk merekatkan solidaritas dan persatuan antar warga binaan pemasayarakatan (WBP) dan petugas Rutan Salatiga.

Adapun lomba yang digelar antara lain, tenis meja, catur, pindah tepung, estafet air, makan kerupuk, hingga adu kelihaian mengeluarkan bola dari kardus.

Kepala Rutan Salatiga Andri Lesmano mengatakan, berbagai macam lomba yang digelar merupakan salah satu cara untuk memeriahkan peringatan Hari Kemerdekaan dan Hari Kemenkumham (HDKD) yang diikuti oleh warga binaan pemasyarakatan dan petugas Rutan Salatiga.

“Tanpa ada perbedaan antara petugas dan para WBP kami gelar perlombaan yang dimulai pada awal agustus lalu hingga besok pada tanggal 17 Agustus nanti,” ujarnya.

Andri mengungkapkan, perlombaan ini menjadi momentum untuk memompa semangat bagi petugas dan warga binaan pemasyarakatan untuk menumbuhkan rasa nasionalisme.

“Walaupun dengan keterbatasan, kami terus berupaya menumbuhkan rasa semangat dan persatuan warga binaan melalui berbagai lomba dan permainan yang digelar,” ucapnya.

Menurutnya, banyak cara unik dalam memperingati Hari Kemerdekaan salah satunya dengan semangat terus melaju untuk Indonesia  maju. Hal ini juga senada dengan tema Hari Kemenkumham yakni mewujudkan Indonesia semakin berkualitas.

Kegiatan ini sekaligus menjadi sarana memperkuat persaudaraan dan toleransi antar warga binaan maupun petugas.

“Banyak cara unik dalam memperingati Hari Kemerdekaan dengan semangat. Kegiatan lomba ini juga sekaligus menjadi sarana memperkuat persaudaraan dan toleransi antar WBP maupun petugas serta menjadi pelipur lara didalam Rutan ini,” terangnya.

Sementara itu salah satu warga binaan, Pramono,  menyampaikan rasa senang dan terima kasih kepada Rutan Salatiga atas digelarnya berbagai lomba pitulasan dan Hari Kemenkumham.

“Saya dan teman-teman sangat senang dan terima kasih kepada Rutan Salatiga, atas digelarnya berbagai lomba HUT RI dan Hari Kemenkumham, serta tidak ada jarak antara kami dan para petugas. Semoga di Hari Kemerdekaan ini kami dapat mengambil semangat dari para Pahlawan,” pungkasnya. (Lingkar Network | Angga Rosa – Koran Lingkar)

Exit mobile version