Semangat Belajar, 34 Warga Salatiga Lulus Sekolah Lansia

KOMPAK: Para Lansia yang Lulus Sekolah Lansia Salatiga Purbaya foto bersama Pj Wali Kota Salatiga Sinoeng N Rachmadi. (Istimewa/Lingkarjateng.id)

KOMPAK: Para Lansia yang Lulus Sekolah Lansia Salatiga Purbaya foto bersama Pj Wali Kota Salatiga Sinoeng N Rachmadi. (Istimewa/Lingkarjateng.id)

SALATIGA, Lingkarjateng.id –  Sebanyak 34 orang lanjut usia (lansia) di Sekolah Lansia Kelompok Bina Keluarga Purbaya, Dukuh Salatiga dinyatakan lulus. Sertifikat kelulusan diberikan oleh Pj Wali Kota Salatiga, Sinoeng N Rachmadi di Taman Sidomukti Salatiga, pada Kamis, 29 Desember 2022. 

Pada kesempatan itu, Pj Walikota Salatiga, Sinoeng, meminta agar  proses wisuda sekolah lansia di Kota Salatiga dibuat berbeda.

“Kalau daerah lain wisuda mengenakan toga. Kalau wisuda di Salatiga diajak piknik saja. Memang suasana pembelajaran menyenangkan, tapi  kalau saat wisuda piknik bisa tambah menyenangkan,” kata Sinoeng.

Sementara itu, Kepala Sekolah Lansia Purbaya RW VII Salatiga, Sukadi Rahardjo, menyampaikan bahwa pembelajaran bagi lansia utamanya yang masih produktif adalah untuk mencetak lansia yang smart (sehat, mandiri, aktif, dan bermartabat).

Usia tertua siswa lansia tersebut adalah 80 tahun dan kegiatan pembelajaran setiap bulan sekali tatap muka pada Selasa, di pekan terakhir. Pembicara atau guru berasal dari dokter dan psikolog. Topik pembelajaran mengenai konsep manusia tangguh, pengenalan penyakit alzheimer, gizi, kesehatan gigi mulut, dan bijaksana dalam memanfaatkan IT.

“Pembelajaran di Gedung Serbaguna RW VII. Semua peserta aktif dan semangat dalam kegiatan belajar. Kelulusan siswa ditentukan dari kehadiran, keaktifan, dan evaluasi akhir. Dari jumlah 34 siswa tersebut terdiri 5 laki-laki dan dan 29 perempuan. Alhamdulillah  lulus semua,” kujar  Sukadi.

Di sisi lain, Ketua Paguyuban Lansia Purbaya Taryono Pitoyo mengungkapkan bahwa RW VII Purbaya pernah menjadi juara 3 Bina Lansia tahun 2015 tingkat Jawa Tengah.

Selain itu juga menjadi rujukan untuk praktik, posyandu lansia, dan  menjadi Posyandu Lansia terbaik tahun 2019 tingkat Jawa Tengah.

Terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi  (DP3APPKB) Salatiga, Yuni Ambarwati,  mengungkapkan bahwa Sekolah Lansia Purbaya adalah yang pertama di Kota Salatiga. Bertujuan meningkatkan harapan usia hidup. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Salatiga adalah tertinggi di Jawa Tengah yaitu 84,35.  

Menurutnya, di Salatiga terdapat 24 Bina Keluarga Lansia (BKL) dan tersebar di seluruh kecamatan. Diharapkan bisa berkembang menjadi sekolah lansia dan Salatiga menjadi Kota Ramah Lansia. Selanjutnya, bagi yang sudah lulus nantinya bisa menjadi fasilitator di sekolah lansia yang ada. (Lingkar Network | Unggul Priambodo – Koran Lingkar)

Exit mobile version