Sekolah di Kudus Optimis Ikuti Seleksi OSN Tingkat SD

Sekolah di Kudus Optimis Ikuti Seleksi OSN Tingkat SD

SERIUS: Siswa SD Muhammadiyah Birrul Walidain sedang melakukan persiapan pelaksanaan OSN tingkat SD tahun 2022. (Nisa Hafizhotus Syarifa/Lingkarjateng.id)

KUDUS, Lingkarjateng.id – Sekolah di Kudus sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat SD tahun 2022. Sejumlah sekolah pun mengaku optimis untuk mengikuti seleksi OSN tersebut.

Salah satu sekolah yaitu SD Muhammadiyah Birrul Walidain. Pihak sekolah menyatakan sudah mempersiapkan dengan matang untuk mengikuti OSN.

“InsyaAllah mudah-mudahan bisa lolos. Kami akan berusaha semaksimal mungkin dengan harapan bisa lolos sampai tingkat nasional hingga internasional,” kata Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Birrul Walidain, Jamaluddin Kamal.

Ia menjelaskan, calon peserta OSN sudah disiapkan dari awal yakni sejak kelas satu SD. Persiapan itu tidak hanya untuk peserta OSN saja, melainkan untuk lomba-lomba lainnya juga.

“Kami persiapannya tidak hanya ketika seleksi OSN saja, tapi setiap saat ada lomba kami selalu siapkan pelatihan untuk anak-anak,” ujarnya.

Pembimbingan pun sampai saat ini masih berjalan. Rencananya, SD Muhammadiyah Birrul Walidain akan mengirimkan dua peserta didiknya. Yakni untuk mengikuti lomba kategori matematika dan ilmu pengetahuan alam (IPA).

Disdikpora Kudus Ujicoba Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak

“Persiapannya itu kita berikan latihan soal, kemudian dibimbing oleh guru-gurunya dan juga terkadang ditambah les di luar juga,” terangnya.

Sementara itu, Waka Kesiswaan SD Cahaya Nur, Wahyu juga menyampaikan bahwa pihaknya optimis mengikuti OSN SD tahun 2022 ini. Sekolahnya pun sudah mempersiapkan untuk mengikuti Olimpiade ini jauh-jauh hari.

“Jadi kami ada wadahnya bagi anak-anak dalam mempersiapkan setiap perlombaan. Namanya yaitu Paket Juara,” ujarnya.

Paket juara ini diikuti oleh anak-anak yang punya potensi mengikuti Olimpiade. Pembibitannya pun sudah dilakukan sejak kelas tiga SD.

“Prosesnya untuk masuk Paket Juara itu anak-anak dites dulu. Kita memberikan tes yang terdiri dari beberapa mata pelajaran (mapel) pokok. Dari tes tersebut bisa dilihat anak ini lebih unggul di mapel apa,” paparnya.

SERIUS: Siswa SD Muhammadiyah Birrul Walidain sedang melakukan persiapan pelaksanaan OSN tingkat SD tahun 2022. (Nisa Hafizhotus Syarifa/Lingkarjateng.id)

Selanjutnya, anak-anak yang tergabung dalam Paket Juara akan dibimbing sesuai dengan mapel yang diminati. Sehingga, setiap ada perlombaan, sekolah sudah siap dan punya calon peserta.

Selain itu, sekolah juga bekerja sama dengan orang tua untuk mendukung minat anak. Salah satunya dengan memberikan les tambahan di luar sekolah.

“Kami optimis untuk mengikuti OSN tahun ini. Selain dukungan sekolah, anak juga memiliki minat dan dukungan dari orang tua,” ungkapnya.

Disdikpora Kudus Anggarkan Rp 34 Miliar untuk Pengadaan Laptop Chromebook

Sementara itu, Kepala Disdikpora Kabupaten Kudus Harjuna Widada menyampaikan, pelaksanaan OSN SD tahun 2022 ini akan digelar secara daring. Mapel yang akan dilombakan yaitu matematika dan IPA.

“Pesertanya itu bisa kelas IV atau V. Jadwal pendaftaran mulai tanggal 20 April – 20 Mei 2022. Sementara pelaksanaan tingkat nasional mulai 11 – 12 Juli 2022,” sebutnya.

Disdikpora Kudus sendiri akan melakukan koordinasi dengan pusat untuk memastikan peserta OSN mendapat informasi terkait perlombaan. Pihaknya juga mendorong siswa mengikuti sesi latihan dan memastikan siswa memahami teknis seleksi.

“Kami juga memastikan serta memfasilitasi peserta supaya memiliki akses memadai untuk mengikuti seleksi,” ujarnya. (Lingkar Network | Nisa Hafizhotus Syarifa – Lingkarjateng.id)

Exit mobile version