Sekda Jepara Motivasi Peserta Pelatihan Penyajian Kopi untuk Kembangkan Entertainment

MEMAPARKAN: Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jepara Edy Sujatmiko saat memberikan motivasi kepada 20 peserta pelatihan penyajian kopi Rabu siang, 15 November 2023. (Dok. Lingkarjateng.id)

MEMAPARKAN: Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jepara Edy Sujatmiko saat memberikan motivasi kepada 20 peserta pelatihan penyajian kopi Rabu siang, 15 November 2023. (Dok. Lingkarjateng.id)

JEPARA, Lingkarjateng.idSekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jepara Edy Sujatmiko memberikan motivasi kepada 20 peserta pelatihan penyajian kopi yang diselenggarakan Dinas Koperasi, UKM, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi Kabupaten Jepara, Rabu siang, 15 November 2023.

Kegiatan yang berlangsung di Restoran Maribu Jepara itu diikuti peserta pelatihan teknik penyajian kopi selama lima hari.

Edy mengatakan, mengiringi fenomena minum kopi sebagai gaya hidup, entertainment kini menjadi unsur penting dalam usaha penyajian kopi. Sehingga, menurutnya, barista tidak hanya sekedar menyajikan kopi kepada setiap tamunya.

“Karena mereka tidak hanya menjual produk, tapi juga unsur entertain-nya. Teknik shaking kan bisa biasa begini. Tapi coba lihat barista-barista itu. Ada yang begini, ada yang begini, dan sebagainya” kata Edy Sujatmiko sambil memeragakan beberapa teknik barista shake.

Ia berpesan agar peserta pelatihan dapat berkreasi dengan mengembangkan teknik penyajian yang didapat selama pelatihan. Kemampuan itu harus terus diasah sambil mempelajari teknik-teknik lain.

“Kan bisa mempelajari melalui Youtube dan platform media sosial lain,” tambahnya.

Hal itu dibutuhkan agar usaha yang nanti ditekuni dapat berkembang sehingga menjadi sumber pendapatan keluarga.

Para peserta turut mengikuti kegiatan pelatihan dengan penuh antusias. Seperti yang diungkapkan salah satu peserta, Nanda Koes Rinastamal dari Desa Tigajuru, Kecamatan Mayong. Ia memgatakan, selain karakteristik kopi, dalam dua hari latihan awal dia telah mendapat teknik penyajian kopi V60 dan espresso.

“V-60 itu teknik manual brew yang paling populer. Sedangkan espresso itu teknik penyajian dengan suhu dan tekanan tinggi,” katanya. (Lingkar Network | Lingkarjateng.id)

Exit mobile version