Sambut Porprov 2023, Dinporapar Pati Optimalkan Desa Wisata

MENIKMATI SUASANA: Pesona Waduk Seloromo yang akan menjadi venue cabang olahraga dayung Porprov 2023 ramai dikunjungi masyarakat. (Arif Febriyanto/Lingkarjateng.id)

MENIKMATI SUASANA: Pesona Waduk Seloromo yang akan menjadi venue cabang olahraga dayung Porprov 2023 ramai dikunjungi masyarakat. (Arif Febriyanto/Lingkarjateng.id)

PATI, Lingkarjateng.idDinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Pati terus mempersiapkan diri untuk menyambut event Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2023 yang akan diselenggarakan di Kabupaten Pati. Kegiatan tahunan ini sekaligus menjadi ajang promosi desa wisata yang ada di Pati.

Kepala Dinporapar Kabupaten Pati, Rekso Suhartono, berharap dengan adanya Porprov 2023 ini mampu mengangkat citra destinasi wisata yang ada di Pati. Apalagi beberapa cabang olahraga (cabor) akan dipertandingkan di desa wisata, seperti di Desa Pohgading, Kecamatan Gembong.

“Seperti nanti di Desa Pohgading ada perhelatan Porprov untuk dayung di Waduk Seloromo. Sudah kita koordinasi dengan Pemdes (Pemerintah Desa) untuk mempersiapkan homestay. Jadi tidak hanya Pohgading, desa di sekitarnya seperti Desa Gembong dan Desa Bageng juga kita gandeng. Kita selalu pantau untuk tindak lanjutnya,” ungkap Rekso, baru-baru ini.

Menurut Rekso, dengan terpilihnya Pati sebagai tuan rumah Poprov 2023 merupakan suatu berkah untuk bersama-sama memajukan sektor pariwisata melalui event olahraga.

Promosi wisata road to Porprov pun terus digencarkan oleh Dinporapar. Sehingga, Rekso menginginkan pengelola desa wisata untuk bersiap menyambut ribuan tamu yang akan datang.

Ia memperkirakan, ribuan orang baik itu dari kontingen olahraga dari tiap kabupaten maupun wisatawan akan mengunjungi Pati selama perhelatan Porprov 2023.

“Dinporapar yang bertanggung jawab untuk sektor olahraga dan pariwisata di Pati telah merencanakan untuk membuat berbagai rangkaian acara sebagai sarana publikasi road to Porprov 2023. Peserta per kabupaten nanti kami prediksi ada 50 orang dikali 35 kabupaten/kota, kan cukup besar. Otomatis kita harus siapkan homestay,” jelasnya.

Lebih lanjut, Dinporapar telah berkoordinasi dengan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan seluruh elemen masyarakat. Dengan suksesnya perhelatan Porprov 2023, Rekso yakin dapat mengangkat nama Pati. Baik dalam bidang olahraga dan pariwisata yang berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat Pati. (Lingkar Network | Arif Febriyanto – Koran Lingkar)

Exit mobile version