RTH Alun-Alun Kaliwungu Harus Bebas dari Pedagang Asongan

ASRI: RTH Alun-Alun Kaliwungu yang sekaku ramai setiap malam menjadi sasaran kunjungan masyarakat. (Unggul Priambodo/Lingkarjateng.id)

ASRI: RTH Alun-Alun Kaliwungu yang sekaku ramai setiap malam menjadi sasaran kunjungan masyarakat. (Unggul Priambodo/Lingkarjateng.id)

KENDAL, Lingkarjateng.id – Ruang Terbuka Hijau (RTH) dibangun untuk menjadi paru-paru bumi, sehingga harus bebas sampah dan kotoran lainya yang mengganggu pemandangan. Alun-Alun Kaliwungu yang semula berjubel dipenuhi para pedagang kini menjadi kawasan yang asri dan bebas pedagang.

RTH Alun-Alun sejak selesai dibangun, banyak pengunjung yang memanfaatkannya untuk nongkrong bersama keluarga. Ratusan orang memadati alun-alun setiap malam sebagai tempat untuk berwisata juga.

Namun masih saja para pedagang yang bandel berjualan di dalam alun-alun yang kini sudah berubah menjadi Ruang Terbuka Hijau. Pedagang asongan masih saja berseliweran seiring dengan banyaknya warga yang berkunjung. Tidak jarang pedagang asongan kucing-kucingan dengan petugas dari satpol PP demi untuk mengais rezeki.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kendal, Aris Irwanto Selasa, 21 November 2023 mengimbau masyarakat yang memanfaatkan RTH untuk bersantai dan nongkrong agar selalu menjaga kebersihan. Pihaknya juga meminta agar para pedagang tidak berjualan di sekitar RTH.

“Kami mengimbau agar warga masyarakat yang memanfaatkan RTH Alun-Alun Kaliwungu untuk menjaga kebersihan, dan bagi pedagang asongan untuk tidak berjualan di lokasi RTH, Pemkab Kendal sudah menyediakan lokasi khusus pedagang di sekitar RTH Alun-Alun,” ujar Aris.

DLH Kendal tidak bosan-bosan memberikan imbauan, selain berbentuk baliho juga secara langsung dengan menggunakan pengeras suara. Tujuannya agar imbauan langsung sampai ke masyarakat yang memanfaatkan RTH.

“RTH Alun-Alun dibangun dengan dana pajak, selayaknya kita jaga bersama agar bisa dimanfaatkan untuk kepentingan bersama,” lanjutnya. (Lingkar Network | Unggul Priambodo – Lingkarjateng.id)

Exit mobile version