Rp 341 Juta Dianggarkan untuk Pengembangan 5 Taman di Kudus, Cek Lokasinya

POTRET: Tampak Taman Ganesha Kudus yang masuk dalam prioritas perbaikan tahun 2023. (Nisa Hafizhotus S/Lingkarjateng.id)

POTRET: Tampak Taman Ganesha Kudus yang masuk dalam prioritas perbaikan tahun 2023. (Nisa Hafizhotus S/Lingkarjateng.id)

KUDUS, Lingkarjateng.id Sebanyak lima taman di Kabupaten Kudus masuk dalam prioritas pengembangan di tahun 2023. Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (PKPLH) Kabupaten Kudus telah menganggarkan sekira Rp 341 juta untuk memperbaiki dan mengembangkan lima taman tersebut.

“Tahun ini kami prioritaskan perbaikan dan pengembangan untuk lima taman yang ada di Kudus,” kata Kepala Dinas PKPLH Kabupaten Kudus, Abdul Halil, melalui Kepala Bidang Pengelolaan Persampahan dan Ruang Terbuka, Heri Muryanto.

Heri menyebutkan, taman-taman yang akan dikembangkan yaitu Taman Ganesha, Taman Bumi Wangi, Taman Gondang Manis, Taman Adipura dan Taman Wergu. Pengembangan tersebut akan menggunakan anggaran dari APBD Murni Kabupaten Kudus tahun 2023.

“Untuk Taman Ganesha itu kami siapkan anggaran sekitar Rp 172 juta. Sementara sisanya yaitu Rp 169 juta untuk gabungan pengembangan Taman Bumi Wangi, Taman Gondang Manis, Taman Adipura dan Taman Wergu,” bebernya.

Proyek pengembangan ini dilakukan untuk meningkatkan fasilitas yang ada di taman. Selain itu, Dinas PKPLH juga akan melakukan perbaikan di sejumlah fasilitas melalui pemeliharaan rutin.

Proses pengembangan dan perbaikan itu sendiri diperkirakan akan mulai dilakukan pada bulan Maret mendatang. Hal ini lantaran pihak Dinas PKPLH Kabupaten Kudus masih melakukan proses persiapan.

“Jadi biar taman-taman di Kudus tidak seperti itu saja. Makanya kami ada usaha peningkatan dan pemeliharan taman,” jelasnya.

Pihak Dinas PKPLH berencana melakukan penambahan fasilitas taman, namun tetap akan memprioritaskan perbaikan fasilitas taman yang rusak terlebih dahulu.

“Kami rencananya ada penambahan fasilitas, tapi ini kami perbaiki yang rusak-rusak dulu seperti pagar dan lain-lainnya,” ujarnya.

Lebih lanjut, di Kota Kretek saat ini ada sebanyak 40 taman yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat umum. Baik itu taman-taman kecil maupun besar. “Kami akan kembangkan taman-taman lain juga, tapi tahun ini prioritasnya lima taman dulu,” pungkasnya. (Lingkar Network | Nisa Hafizhotus S – Koran Lingkar)

Exit mobile version