Ratusan Peternak di Blora Ikut Kontes Kambing Etawa, Ada yang Bernilai Fantastis

KONTES: Peternak di Blora ikut kontes kambing etawa. (Hanafi/Lingkarjateng.id)

KONTES: Peternak di Blora ikut kontes kambing etawa. (Hanafi/Lingkarjateng.id)

BLORA, Lingkarjateng.id – Perayaan hari raya iduladha 2023 tinggal sebentar lagi. Dalam rangka menyambut hari besar itu pasar hewan Kabupaten Blora menggelar kontes kambing pada Senin, 12 Juni 2023.

Terdapat kurang lebih 300 ekor kambing jenis peranakan etawa ras kaligesing diikutsertakan pada kontes kambing yang baru pertama kali ini digelar di pasar hewan Blora.Tampak sejumlah kambing yang ikut kontes itu berukuran jumbo dan memiliki tanduk yang sangat besar.

Panitia kontes kambing, Bripka Puguh Agung mengatakan kontes kambing ini dibuka untuk beberapa kelas, mulai dari dari kelas jantan powel, betina powel, cemoko dan cempe.

“Kriteria perlombaan terdiri atas postur tubuh, panjang telinga, warna bulu, bentuk kepala hingga tanduk,” jelasnya.

Sejumlah kambing yang ikut kontes memiliki nilai jual yang fantastis. Bahkan ada salah satu kambing yang memiliki nilai jual hampir Rp 20 juta rupiah.

Dia berharap, kontes kambing peranakan etawa ini dapat membangkitkan kembali minat masyarakat untuk beternak kambing.

“Semoga makin banyak yang beternak, menggeliatkan ekonomi ditengah masyarakat,” imbuhnya.

Kontes ini juga mendapat dukungan dari Pemerintah Kabupaten Blora mengingat potensi peternak kambing di daerah sangat bagus. Sehingga kegiatan kali ini juga diharapkan dapat lebih mempopulerkan kambing etawa serta meningkatkan ekonomi pasca Pandemi Covid-19.

“Kontes kambing semacam ini rencananya akan digelar setiap tahun untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, khususnya peternak kambing,” ucapnya.

Sementara itu, salah satu peserta kontes Pak No mengaku senang dengan kegiatan ini, menurutnya kontes kambing perlu diselenggarakan rutin agar semangat peternak kambing etawa khas Kaligesing lebih dikenal masayarakat secara luas.

“Saya menyambut baik acara seperti ini, Mas. Semoga bisa berimbas terhadap majunya peternakan di Blora,” ujarnya. (Lingkar Network | Hanafi – Lingkarjateng.id)

Exit mobile version