Pura-Pura Istirahat, 3 Pencuri Gondol Kotak Amal di Masjid Desa Ngemplak Lor Pati

Pura Pura Istirahat 3 Pencuri Gondol Kotak Amal di Masjid Desa Ngemplak Lor Pati

REKAMAN CCTV: Terlihat maling kotak amal Masjid At-Taqwa Desa Ngemplak Lor Kecamatan Margoyoso, Kabupaten Pati, pada Senin malam, 28 Agustus 2023. (Dok. Desa Ngemplak Lor for Lingkar/Lingkarjateng.id)

PATI, Lingkarjateng.id – Kasus pencurian kotak amal terjadi di Masjid At-Taqwa Desa Ngemplak Lor, Kecamatan Margoyoso, Kabupaten Pati pada Senin malam, 28 Agustus 2023. Dari rekaman cctv yang ada di masjid tersebut, memperlihatkan seorang pria sedang membawa kotak amal masjid berukuran cukup besar untuk kemudian dimasukkan ke dalam mobil.

Kapolsek Margoyoso, AKP Joko Triyanto mengatakan bahwa, peristiwa terjadi sekitar pukul 21.30 WIB saat kondisi masjid sudah sepi. Ia mengatakan, pelaku berjumlah 3 orang yang memiliki peran masing-masing, baik dalam mengawasi situasi hingga bagian eksekusi.

AKP Joko menambahkan, modus ketiga pelaku adalah pura-pura beristirahat di emperan masjid. Disaat kondisi sudah cukup aman, seorang pelaku langsung menggondol kotak amal berukuran besar.

“Kejadian semalam Masjid Ngemplak Lor diperkirakan sekitar pukul 21.30 WIB. Pelaku diperkirakan 3 orang menggunakan mobil warna hitam. Untuk nomor Plat Polisi nanti kita cross cek di Samsat,” ucap Kapolsek, pada Selasa, 29 Agustus 2023.

Saat ini pihaknya bersama dengan Satreskrim Polresta Pati masih memburu pelaku yang hingga kini masih buron.

“Mudah-mudahan secepatnya bisa terungkap. Modus pelaku pura-pura istirahat untuk sholat di saat masjid dalam keadaan sepi dan kosong, lalu membawa kotak amal beserta isinya,” sambungnya.

Sementara itu, Kepala Desa Ngemplak Lor, Supriyono membenarkan adanya aksi pencurian yang terjadi di desanya. Lantaran kejadian terjadi pada malam hari, warga sekitar tidak mengetahui jika ada pencurian.

Ia menjelaskan, warga setempat baru mengetahui adanya pencurian ketika hendak melaksanakan sholat subuh berjamaah. Atas peristiwa ini, pihaknya langsung melapor ke Polsek Margoyoso untuk kemudian diproses lebih lanjut.

“Belum diketahui yang maling, Mas. Saat ini belum ketangkap. (Pencurian terjadi, red) di Masjid At-Taqwa Dukuh Bancaran, Desa Ngemplak Lor. Ketika di masjid enggak ada orang, sekalian dibawa kotak amalnya,” tutup Kades. (Lingkar Network | Arif Febriyanto – Lingkarjateng.id)

Exit mobile version