PLN ULTG Surakarta Sigap Perbaiki Jaringan Listrik Rusak Akibat Angin Kencang

PLN ULTG Surakarta Sigap Perbaiki Jaringan Listrik Rusak Akibat Angin Kencang

BERSERAKAN: Salah satu atap rumah warga yang jatuh akibat tertiup angin kencang. (Istimewa/Lingkarjateng.id)

KARANGANYAR, Lingkarjateng.id – Angin kencang terjadi di Desa Watuburik, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, pada Senin, 26 Juni 2023. Angin kencang itu menyapu atap rumah warga yang terbuat dari seng, hingga menyebabkan atap rumah terangkat dan jatuh berserakan.

Selain itu juga terjadi ledakan pada jaringan listrik, karena konduktor Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) terkena benda yang terbang akibat angin kencang.

Atas kejadian itu, PLN ULTG Surakarta dengan cepat tanggap membantu memulihkan jaringan listrik yang mengalami kerusakan.

Petugas PLN tampak melakukan pengamanan jaringan tersebut. Dari hasil pengamanan, petugas PLN menemukan tali berbahan aluminium yang menjadi pemicu ledakan. Tali tersebut biasanya digunakan warga sekitar untuk mengusir burung.

Sekelompok petugas PLN juga melakukan sweeping layangan dan pemasangan banner bahaya layangan.

Manajer PLN ULTG Surakarta, Abdul Rahman Budisetyo mengimbau warga agar senantiasa ikut mengamankan pohon-pohon yang ada di bawah jaringan SUTT, dengan memangkas pohon khususnya yang berjarak 5 meter dari konduktor SUTT.

Selain itu, warga juga diminta mengamankan benda-benda di sekitar jaringan SUTT yang berpotensi mengganggu jaringan seperti layang-layang.

“Kami berharap ini menjadi perhatian bersama dan menjadi sinergi yang baik antara PLN dan masyarakat untuk dapat mengamankan jaringan, agar masyarakat dapat menikmati listrik 24 jam tanpa kedip,” harapnya.

Diketahui, tidak ada korban jiwa maupun warga yang mengalami luka-luka dalam peristiwa tersebut. Untuk saat ini, warga secara swadaya bergotong royong membersihkan puing-puing bangunan akibat diterjang angin kencang.

“Sebagian warga juga memperbaiki atap yang rusak ringan, agar air hujan tidak masuk ke dalam rumah,” kata Ari, warga Desa Watuburik.

Meski demikian, Ari bersyukur karena PLN ULTG Surakarta dengan sigap turut serta membantu warga yang terdampak angin kencang.

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, hanya ada kerusakan material akibat angin kencang,” ujarnya. (Lingkar Network | Lingkarjateng.id)

Exit mobile version