Pj Bupati Pati Pastikan Armada Mudik Gratis Sudah Disiapkan

Pj Bupati Pati, Henggar Budi Anggoro. (Khairul Mishbah/Lingkarjateng.id)

Pj Bupati Pati, Henggar Budi Anggoro. (Khairul Mishbah/Lingkarjateng.id)

PATI, Lingkarjateng.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati menyiapkan lima armada bus untuk mendukung program mudik gratis dari Kementerian Perhubungan pada arus mudik lebaran Idulfitri 1444 Hijriah. Penjabat (Pj) Bupati Pati, Henggar Budi Anggoro, juga menyebut persiapan sarana prasarana untuk mudik lebaran sudah mulai dipersiapkan jauh-jauh hari.

Hal ini disampaikan oleh Kabid Pengendalian dan Operasional (Dalops) Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pati, Nita Agustiningtyas saat menjadi narasumber dalam Focus Group Discussion (FGD) Wartawan pada Kamis, 13 April 2023 kemarin.

Nita menjelaskan, kelima armada bus tersebut akan diberangkatkan pada Minggu, 16 April 2023 pagi dari halaman Pendopo Kabupaten Pati menuju Ibu Kota Jakarta.

Info Mudik 2023, Diskominfo Pati Gelar FGD Bareng Dishub dan Wartawan

“Untuk mudik gratis dari Pemkab Pati sesuai rapat koordinasi kemarin ‘kan ada lima bus, yang rencananya nanti akan diberangkatkan pada hari Minggu, 16 April 2023, tepat pukul 07.00 WIB akan dilepas secara seremonial oleh Pj Bupati, ” ujarnya, pada Jumat, 14 April 2023.

Tapi sebelum pelepasan itu, nanti pihak Dishub Pati akan melakukan Ramp Check terhadap kelayakan kendaraan terlebih dahulu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Disamping itu, para driver juga akan dites kesehatan terlebih dahulu untuk keselarasan selama perjalanan mudik.

“Sebelum berangkat nanti langsung di halaman Pendopo Pati kita lakukan Ramp Check mas, ” imbuhnya. 

Pj Bupati Henggar Ajak Warga Pati di Perantauan Ikuti Mudik Gratis

Dirinya juga mengatakan jika semua kesiapan sudah dilakukan secara maksimal, sehingga sebanyak 250 orang pemudik dari ibu kota diharapkan tiba di Bumi Mina Tani dengan selamat tanpa kurang satu apapun.

“Kita bekerja sama dengan Dinkes untuk cek kesehatan. Saya rasa kesiapan untuk mudik gratis ini sudah tidak ada kendala. Dari peserta mudik juga sudah ditetapkan sebanyak 250 orang dan pendaftarannya sudah ditutup,” pungkasnya.

Disamping arus mudik, Pj Bupati Pati, Henggar Budi Anggoro, juga akan merencanakan program serupa untuk arus balik pasca idulfitri. Dengan adanya program ini diharapkan dapat membantu perjalanan masyarakat Pati ke kota-kota besar di Jabodetabek.

“Pemerintah kabupaten Pati telah mempersiapkan angkutan mudik tersebut dan akan kami persiapkan di angkutan balik nanti. Pada intinya semuanya itu kami siapkan, guna memperlakukan warga Pati yang akan mudik dan nantinya akan balik,” jelas Henggar. (Lingkar Network | Arif Febriyanto – Lingkarjateng.id)

Exit mobile version