Pj Bupati Pati Instruksikan Dinkop UMKM Pantau Perkembangan Pelaku Usaha

Pj Bupati Pati, Henggar Budi Anggoro.(Khairul Mishbah/Lingkarjateng.id)

Pj Bupati Pati, Henggar Budi Anggoro.(Khairul Mishbah/Lingkarjateng.id)

PATI, Lingkarjateng.idPenjabat (Pj) Bupati Pati Henggar Budi Anggoro menginstruksikan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Dinkop UMKM) Kabupaten Pati untuk lebih intens memantau UMKM agar semakin meningkat.

“Dalam mendorong perekonomian rakyat Kabupaten Pati, pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Koperasi dan UMKM harus selalu memantau giat para pelaku UMKM di Pati,” ujarnya baru-baru ini.

Pj Bupati Pati Henggar menyatakan bahwa Dinkop UMKM sudah memiliki program pelatihan bagi para pelaku usaha di Pati. Akan tetapi, program pelatihan tersebut masih difokuskan bagi pelaku usaha yang telah terdaftar dalam Data Strategis Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Pati.

“Kita meningkatkan pelaku UMKM melalui pelatihan bagi pelaku usaha, yakni bagi mereka yang sudah terdaftar dalam strategis Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Pati,” jelasnya.

Sejumlah program pelatihan yang disediakan juga sudah berjalan. Salah satunya pelatihan manajerial keuangan.

“Adapun pelatihan yang sudah dilakukan, yakni pelatihan manajerial UMKM yang meng-cover masalah dan pelaporan keuangan yang dialami bagi pelaku UMKM,” terangnya.

Pihaknya berharap program pelatihan usaha bisa dilaksanakan semakin menyeluruh dan dapat mendongkrak UMKM di Pati.

Tak hanya dari pihak dinas, Pj Bupati Henggar juga mengajak para pelaku usaha di Pati untuk saling bersinergi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerah. Dia mencontohkan keberadaan paguyuban kuliner yang dinilai dapat bersinergi dengan sektor wisata dan ekonomi kreatif.

“Selain itu di dunia wisata juga saling terkait, karena satu sama lain juga saling melengkapi,” ungkapnya.

Apalagi tahun 2023 ini, Kabupaten Pati menjadi tuan rumah penyelenggaraan Pekan Olahrga Provinsi Jawa Tengah (Porprov Jateng). Harapannya kegiatan tersebut bisa turut mendongkrak pertumbuhan ekonomi daerah. (Lingkar Network | Khairul Mishbah – Koran Lingkar)

Exit mobile version