Pj Bupati Pati Ajak Generasi Muda Tanamkan Nilai Dasar Bela Negara

Pj Bupati Pati, Henggar Budi Anggoro. (Khairul Mishbah/Lingkarjateng.id)

Pj Bupati Pati, Henggar Budi Anggoro. (Khairul Mishbah/Lingkarjateng.id)

PATI, Lingkarjateng.id – Workshop bela negara Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa Indonesia (IARMI) Kabupaten Pati mengajak masyarakat untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air di mulai dari lingkungan masing-masing.

Penjabat (Pj) Bupati Pati Henggar Budi Anggoro yang turut hadir pada kegiatan ini memberikan apresiasi kepada IARMI Pati. Dia berharap materi bela negara yang disampaikan dapat memberikan manfaat kepada peserta yang didominasi mahasiswa di Pati. Menurutnya semangat bela negara pada generasi muda harus terus dipupuk.

“Nilai dasar bela negara ini adalah cinta tanah air, taat dalam berbangsa dan bernegara, setia kepada Pancasila sebagai ideologi negara, dan rela berkorban untuk bangsa dan negara,” ujarnya.

Pj Bupati Pati Henggar berpesan agar nilai dasar bela negara ditanamkan dalam hati sebagai pegangan dalam bergerak berdasarkan pilar negara. Untuk itu dirinya mengajak kolaborasi berbagai sektor dalam meningkatkan bela negara. Salah satunya melalui program-program yang telah diterapkan di sekolah atau lingkungkan pendidikan lainnya seperti polisi sekolah.

“Kenapa ini kita dorong, karena ke depan kita perlu kolaborasi banyak sektor lagi. Termasuk temen temen SMA dan sekolah lain yang selama ini ada polisi sekolah,” jelasnya, pada Rabu, 7 Juni 2023.

Menurut Pj Bupati Pati Henggar, program polisi sekolah secara nyata telah membantu mobilitas kondusifitas di sekolahan saat keluar masuk di jam sibuk sekolah. Karena di satu sisi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati butuh peran dari mereka agar keduanya bisa berjalan dan akan difasilitasi

“Maka harapannya apa yang kita harapkan bisa terwujud. Karena kondisi saat ini, personel yang ada di Satpol tidak terlalu banyak. Apalagi temen-temen yang lain sangat terbatas. Maka itu akan menjadi wujud nyata dan tindakan yang harus kita lakukan,” tuturnya.  (Lingkar Network | Khairul Mishbah – Koran Lingkar)

Exit mobile version