Pemkab Semarang Gelontorkan Rp 182 Juta untuk Pengobatan Warga Kurang Mampu

SIMBOLIS: Pemerintah Daerah (Pemkab) Kabupaten Semarang menyerahkan bantuan kepada warga kurang mampu untuk mengganti biaya pengobatan. (Hesty Imaniar/Lingkarjateng.id)

SIMBOLIS: Pemerintah Daerah (Pemkab) Kabupaten Semarang menyerahkan bantuan kepada warga kurang mampu untuk mengganti biaya pengobatan. (Hesty Imaniar/Lingkarjateng.id)

SEMARANG, Lingkarjateng.id – Pemerintah Kabupaten Semarang menggelontorkan anggaran sebesar Rp 182 juta untuk membantu warga kurang mampu. Bantuan tersebut digunakan untuk mengganti biaya perawatan rumah sakit.

“Rata-rata penerima bantuan ini mereka tidak memiliki kepesertaan BPJS Kesehatan. Bantuan ini diserahkan untuk fungsi mengganti biaya pengobatan di rumah sakit,” kata Kepala Bidang Pelayanan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PPMKS) Dinas Sosial, Kabupaten Semarang, Suryono di sela acara Penyerahan Bantuan Biaya Pengobatan oleh Wakil Bupati Semarang Basari di Pendapa Kantor Desa Tuntang, Kabupaten Semarang, Kamis, 27 Juli 2023.

Ia mengatakan pada semester pertama tahun ini sudah 30 orang yang sudah menerima bantuan ini. Mereka berasal dari 19 kecamatan di Kabupaten Semarang.

“Sudah ada 30 orang dari warga kurang mampu di 19 kecamatan yang sudah menerima bantuan penggantian biaya perawatan di rumah sakit ini. Dengan total biaya yang sudah Pemkab Semarang keluarkan senilai Rp 182 juta lebih,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Mahrizal mengatakan bahwa bagi warga kurang mampu yang belum menjadi peserta BPJS Kesehatan dapat mengajukan bantuan penggantian biaya perawatan di rumah sakit ke Dinas Sosial Kabupaten Semarang.

“Untuk syarat, jelas yang pertama adalah harus melampirkan surat keterangan tidak mampu atau SKTM dari desa atau kelurahan, dan juga kuitansi asli biaya perawatan selama di rumah sakit. Dan kami TKSK akan memfasilitasi pengakuan klaim penggantian itu,” tandas Mahrizal. (Lingkar Network | Hesty Imaniar – Lingkarjateng.id)

Exit mobile version