KPU Jateng Gelar Konsolidasi Persiapan Pemilu 2024

KPU Jateng Gelar Konsolidasi Persiapan Pemilu 2024

Rapat Konsolidasi Penyelenggaraan Pemilu 2024 di KPU Jateng berjalan lancar dan khidmat, Jumat (17/6). (Wahyu Indriyati/Lingkarjateng.id)

SEMARANG, Lingkarjateng.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Tengah menggelar konsolidasi persiapan penyelenggaraan Pemilu 2024, yang dilaksanakan di Kantor KPU Jateng tepatnya di lantai 3, Jumat (17/6).

Di mana dalam rapat konsolidasi ini, dihadiri oleh Ketua KPU RI, KPU Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah, Pemerintah Provinsi (Pemrov), Polda Jateng, Komando Daerah Militer (Kodam), Pengadilan Tinggi dan Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah, dan juga DPRD Provinsi Jawa Tengah.

Konsolidasi tersebut bertujuan untuk merumuskan ruang lingkup tugas KPU dalam menjalankan pemilu di Jawa Tengah. Serta untuk mendapatkan dukungan dari pemerintah daerah (pemda) dan pemerintah provinsi, kabupaten dan kota. 

“Dalam rangka untuk membangun kesepahaman tentang apa yang menjadi ruang lingkup keseluruhan KPU dalam melaksanakan pemilu, dan apa yang perlu mendapatkan dukungan,”

Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari

Ketua KPU RI berharap, dengan diadakannya konsolidasi persiapan penyelenggaraan pemilu dan pemilihan serentak 2024 yang dilaksanakan KPU Jateng, kinerja pemilu dapat berjalan dengan lancar, aman, damai, demokratis, dan berintegritas.

Jelang Pemilu 2024, KPU Demak Luncurkan Program Matur

“Dari situ kemudian diharapkan kerja-kerja kepemiluan ini berjalan secara lancar, aman, damai, demokratis, dan berintegritas,” harapnya.

Diketahui bahwa pendaftaran partai akan dilakukan pada tanggal 1 sampai 7 Agustus 2022. Setelah itu, dilakukan verifikasi di mana terdapat 2 jenis verifikasi yaitu verifikasi administrasi dan verifikasi faktual. Kemudian nantinya akan ditetapkan sebagai peserta pemilu partai politik pada tanggal 14 Desember 2022.

“Jadi walaupun pemilunya 2024, tapi kegiatan-kegiatannya sudah dimulai di tahun 2022 ini. Di antaranya adalah pendaftaran partai politik peserta pemilu,” ujar Hasyim.

Hasyim juga mengatakan, bahwa KPU Jawa Tengah sudah siap dalam menyiapkan ini semua. Bukan hanya di Jawa Tengah, semua KPU provinsi di 34 provinsi, dan kabupaten/kota di 34 provinsi pun sudah siap semua. Secara kelembagaan pun sudah siap semua untuk menyambut masuknya tahapan pemilu 2024.

Bawaslu Semarang Buka Pendaftaran Pemantau Pemilu 2024

Ketua KPU Jateng, Paulus Widiyantoro menyampaikan, sudah melakukan berbagai persiapan dari jauh-jauh hari untuk menyambut pemilu 2024. Serta sudah menyiapkan semua personel untuk mendukung berjalannya pelaksanaan pemilu 2024.

“Kalau untuk KPU Jawa Tengah, kami sudah melakukan persiapan jauh hari sebelum diputuskan hari H pemilu. Kami sudah melakukan persiapan lebih dulu dengan pertama melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan pemilu 2019 dan pemilihan 2020. Lalu yang kedua kami sudah persiapan penataan semua personil,” ungkapnya.

Karena untuk pendaftarannya nanti, kata dia, akan dilakukan di KPU RI. Sehingga KPU Jateng sudah mulai persiapan untuk pendaftaran verifikasi, serta sudah dilakukan rapat koordinasi (rakor) secara daring oleh divisi teknis dengan teman-teman kabupaten/kota.

“Tapi untuk lebih detailnya kita masih menunggu peraturan KPU terkait pendaftaran dan verifikasi patai politik tentunya. Karena kita masih menunggu arahannya seperti apa. Kalau kita kemarin melakukan rakor daring itu dengan membaca PKPU yang lama. Karena misalnya nanti mau berubah kita sudah tau berubahnya di mana dan apa yang berubah,” ucapnya.

Selain itu, Paulus juga meminta kepada teman-teman kabupaten/kota untuk kembali membaca secara detail dan memahami isi dari UU No. 7 tentang Pemilihan Umum. Hal itu agar tidak terjebak pada diksi kata yang ada di dalamnya. (Lingkar Network | Wahyu – Indriyati – Koran Lingkar)

Exit mobile version