Komunitas di Jepara Gelar Bazar UMKM Sambut Hari Kunjung Perpustakaan

BAZAR: Komunitas IstriPreneur Besahabat menggelar bazar UMKM digelar di halaman Perpustakaan Daerah Kabupaten Jepara pada Selasa, 5 September 2023. (Tomi Budianto/Lingkarjateng.id)

BAZAR: Komunitas IstriPreneur Besahabat menggelar bazar UMKM digelar di halaman Perpustakaan Daerah Kabupaten Jepara pada Selasa, 5 September 2023. (Tomi Budianto/Lingkarjateng.id)

JEPARA, Lingkarjateng.id – Komunitas IstriPreneur Besahabat (Berani Usaha Hebat) menyelenggarakan bazar UMKM dalam rangka menyambut sekaligus menyemarakkan Hari Kunjung Perpustakaan yang diperingati setiap 14 September. Bazar bertajuk September Ceria digelar di halaman Perpustakaan Daerah Kabupaten Jepara pada Selasa, 5 September 2023.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kabupaten Jepara, Umar Chotob, menyambut baik inisiatif dari Komunitas Istripreneur Besahabat tersebut.

“Ketika kita berbicara masalah kesejahteraan maka sesungguhnya berawal dari ekonomi dan ekonomi berawal dari perdagangan yang ada kaitannya dengan UMKM. Oleh karena itu kami sangat menyambut baik kegiatan-kegiatan yang dilaksanaan oleh Besahabat dan juga dengan Istripreneurnya,” ujarnya.

Umar menjelaskan, dirinya pernah mendapatkan pelajaran positive deviance atau penyimpangan positif. Salah satunya menyelenggarakan kegiatan yang tidak lazim dilakukan di perpustakaan.

Ia menyebut, perpustakaan lazimnya menyediakan buku namun sebenarnya bisa lebih dari itu. Semua kegiatan bisa dilakukan di perpustakaan misalnya pemberdayaan masyarakat dan beberapa pelatihan-pelatihan seperti bisnis online, bahasa Inggris, dan pelatihan komputer dasar.

“Kegiatan di sini juga free, tidak dipungut biaya. Di sini juga ada kegiatan Akademi Menulis Jepara yang sudah menelurkan penulis yang tulisannya sudah diterbitkan penerbit,” tambahnya.

Sementara itu Ketua Pelaksana Bazar, Eny Zuniati, mengungkapkan bahwa sebagai ketua panitia ia mengharapkan antusiasme para masyarakat yang hadir di acara bazar UMKM Jepara itu.

“Kami berharap acara yang kita selenggarakan ini bisa menceriakan hati, menceriakan persahabatan BeSahabat Istripreneur Jepara, dan tentu saja menambah keceriaan di kantong rezeki kita semua,” terangnya.

Di sisi lain Ketua Pelaksana Bazar UMKM itu merinci terdapat 37 anggota yang mengikuti bazar. Bazar ini terdiri dari tiga kategori peserta yang meliputi kategori fashoin,perabot rumah tangga, buku, asesoris. Kategori kedua yaitu kue kering,makanan ringan,frozen, minuman instan. Dan kategori ketiga makanan basah, minuman dan makanan siap saji.

Rangkaian kegiatan bazar UMKM juga ada pendampingan sertifikasi halal, pojok healing, pemasangan baut laptop gratis, pelatihan pembuatan sabun dari limbah jelantah, pelatihan cerdas keuangan. (Lingkar Network | Tomi Budianto – Koran Lingkar)

Exit mobile version