Kekeringan di Kendal, BPBD Distribusikan 178 Ribu Liter Air Bersih di Desa Curugsewu

Kekeringan di Kendal BPBD Salurkan 178 Ribu Liter Air Bersih di Desa Curugsewu

DISTRIBUSIKAN: BPBD Kendal mendistribusikan air bersih di Desa Curugsewu Kecamatan Patean. (Instagram BPBD Kendal/Lingkarjateng.id)

KENDAL, Lingkarjateng.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kendal terus berupaya mendistribusikan air bersih kepada masyarakat Desa Curugsewu, Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal yang terdampak kekeringan dan kekurangan air bersih.

Kepala BPBD Kendal Sigit Sulistyo mengatakan, pendistribusian air bersih kepada warga di Desa Curugsewu sudah dilaksanakan sejak tanggal 19 Juli 2023 lalu.

“Kemarin, 6 Agustus 2023 kita distribusikan air bersih di Dusun Robyong sebanyak tiga tangki dengan total 14.000 liter,” kata Sigit, pada Senin, 7 Agustus 2023.

Pihaknya menyebut, sejak tanggal 19 Juli 2023 hingga saat ini, total air bersih yang telah didistribusikan di Desa Curugsewu sebanyak 178.000 liter.

“Kami mengimbau kepada warga untuk senantiasa waspada terkait datangnya musim kering terutama dalam memanfaatkan air seefektif mungkin,” tuturnya.

Selain itu, Sigit juga mengimbau agar warga juga waspada terhadap dampak musim kemarau dan ancaman bencana hidrometeorologi.

Dampak dari ancaman bencana hidrometeorologi ini meliputi cuaca ekstrem, kekeringan, kebakaran hutan dan lahan, kebakaran gedung atau rumah serta gelombang tinggi di pesisir pantai.

“Kita harus waspada terkait dengan instalasi listrik di perumahan, harus di cek kabel-kabelnya. Kemudian, kalau membakar ranting pohon atau sampah di sekitar kebun atau ladang harus ditunggu sampai apinya padam agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan,” bebernya. (Lingkar Network | Arvian Maulana – Koran Lingkar)

Exit mobile version