Jaga Kelestarian Lingkungan, Polres Jepara Tanam 1.000 Pohon di Pantai Bulak Baru

Cegah Abrasi, Polres Jepara Tanam 1.000 Pohon di Pantai Bulak Baru

Cegah Abrasi, Polres Jepara Tanam 1.000 Pohon di Pantai Bulak Baru

JEPARA, Lingkarjateng.id Polres Jepara melakukan kegiatan penanaman 1.000 pohon di Pantai Bulak Baru Kecamatan Kedung pada Rabu, 23 Agustus 2023. Hal tersebut merupakan bentuk dukungan untuk menjadikan destinasi wisata tetap hijau dan sehat sekaligus mencegah abrasi.

Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setiawan memimpin kegiatan tanam pohon yang diikuti Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanti, sejumlah Forkopimda dan Forkopimcam, serta waraga setempat.

AKBP Wahyu Nugroho Setiawan mengatakan penanaman pohon diinisiasi oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) yang dilakukan serentak diseluruh Indonesia.

“Sebanyak 2.500 pohon akan ditanam, di Pantai Bulak Baru sebanyak 1.000 pohon dan 1.500 lagi tersebar di seluruh Polsek yang ada di Kabupaten Jepara,” ujarnya.

Pihaknya menjelaskan, penanaman pohon di daerah wisata ini merupakan upaya menjaga kelestarian lingkungan yang dilakukan secara bersama-sama.  Harapannya, penanaman pohon ini bisa membantu mengurangi efek El Nino ke depan.

“Ini merupakan kewajiban kita bersama untuk menjaga lingkungan,” jelasnya.

Lebih lanjut, pihaknya berharap masyarakat bisa membantu merawat dan menjaga tanamam yang sudah ditanam agar tetap tumbuh.

“Saya titip kepada warga masyarakat untuk menjaga dan merawat tanaman yang sudah ditanam,” ucapnya.

Sementara itu Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta mengapresiasi kegiatan penanaman pohon. Menurutnya salah satu manfaat penanaman pohon di pesisir pantai yakni untuk menahan abrasi dan gelombang pasang. Oleh karena itu keberadaan pohon nanti mesti dijaga dan dirawat bersama agar tumbuh dengan baik.

“Penanaman pohon bakau dan cemara juga dapat mengurangi dampak pemanasan global serta bencana lainnya,” ungkapnya.

Ia berharap, pohon yang ditanam tersebut dapat tumbuh besar dan bisa menjadi tanggul alami di wilayah Pantai Bulak Baru.

“Diharapkan ini dapat menjadi tanggul alami di pantai dan juga akan menambah pesona dan keindahan pantai Bulak Baru,” pungkasnya. (Lingkar Network | Tomi Budianto – Koran Lingkar)

Exit mobile version