HUT ke-417, DPRD Kendal Gelar Rapat Paripurna Istimewa

KOMPAK: Rapat Paripurna Istimewa dalam rangka Hari Jadi ke-417 Kabupaten Kendal. (Unggul Priambodo/Lingkarjateng.id)

KOMPAK: Rapat Paripurna Istimewa dalam rangka Hari Jadi ke-417 Kabupaten Kendal. (Unggul Priambodo/Lingkarjateng.id)

KENDAL, Lingkarjateng.id Rapat Paripurna Istimewa digelar dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-417 Kabupaten Kendal. Rapat ini terbilang istimewa lantaran dilaksanakan setelah pandemi covid-19 mereda. Seluruh undangan termasuk mereka yang berprestasi yang diumumkan dalam sidang paripurna istimewa bisa hadir dalam rapat tersebut.

Ketua DPRD Kendal, Muhammad Makmun dalam penyampaiannya mengatakan bahwa Rapat Paripurna Istimewa hari ini berbeda dengan dua tahun sebelumnya. Peringatan Hari Jadi ke-417 Kabupaten Kendal diperingati dengan bertatap muka, setelah selama dua tahun diperingati secara online.

“Kali ini segenap pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Kendal mengucapkan Selamat Hari Jadi ke-417 Kabupaten Kendal tahun 2022. Dengan meneladani semangat para pendiri Kabupaten Kendal, jadikan hari bersejarah ini sebagai momentum untuk bekerja lebih giat lagi untuk membangun Kabupaten Kendal tercinta. Mari kita bangun toleransi dan kerukunan serta saling bekerja sama demi mewujudkan Kendal yang handal dalam semua aspek kehidupan masyarakat untuk mewujudkan Kendal dengan mengangkat tema pulih bersama bangkit lebih hebat,” ujar Makmun pada Rabu, 27 Juli 2022.

Ketua DPRD Kendal, Muhammad Makmun. (Istimewa/Lingkarjateng.id)

Muhammad Makmun juga menjelaskan, landasan hukum yang menjadi dasar untuk dilaksanakannya Hari Jadi Kabupaten Kendal adalah Peraturan Daerah Kabupaten Kendal nomor 20 tahun 2006 tentang Hari Jadi Kabupaten Kendal yang telah diundangkan dalam Lembaran Daerah kabupaten Kendal Nomor 20 tahun 2006 Seri E nomor 15 tanggal 22 Desember 2006.

Sesuai dengan Peraturan Daerah tersebut, Hari Jadi Kabupaten Kendal jatuh pada hari Selasa Pon, tanggal 12 Rabiul Awal 1014 H atau bertepatan dengan tanggal 28 Juli 1605 M atau pada saat Pengangkatan Kyai Tumenggung Bahurekso sebagai Bupati.

Untuk memperkenalkan pemimpin Kabupaten Kendal dari tahun ke tahun, Makmun membacakan nama Bupati Kendal dari Bupati pertama hingga terakhir menjabat. Anggota Dewan yang hadir sebanyak 36 Anggota dari jumlah 45 Anggota keseluruhan sehingga memenuhi ketentuan.

Sementara itu, Bupati Kendal, H Dico Ganinduto menyampaikan rasa terima kasih dan salam hormat saya kepada seluruh elemen masyarakat yang tidak pernah berhenti untuk mencurahkan bakti, daya dan upaya demi kemajuan daerah kita tercinta ini.

Bupati Dico menyatakan harapan bersama untuk selalu mengenang pengabdian dan hasil karya berharga dari para tokoh pemimpin dan pejuang Kendal terdahulu yang sudah diberikan kepada daerah ini, agar dapat menjadi sumber inspirasi dan kekuatan bagi kita sebagai generasi penerus untuk meneruskan dan mewujudkan cita-cita luhur pendiri Kabupaten Kendal.

“Besok hari Kamis Kliwon tanggal 28 Juli 2022 sangat penting sekali bagi pemerintah dan masyarakat Kendal secara serentak bersama-sama akan memperingati hari jadi daerah kita tercinta ini. Karena pandemi sudah mereka dipersilahkan untuk semua kecamatan bisa menggelar peringatan namun tetap mengedepankan protokol kesehatan. Usai pandemi banyak pekerjaan yang harus segera dipacu untuk maju, ketertinggalan selama ini harus dikejar,” tutupnya. (Lingkar Network | Unggul Priambodo – Koran Lingkar)