Hore! Jalur Pantura Pati-Rembang Sudah Siap Dilalui Pemudik

RAMAI LANCAR: Kondisi Jalur Pantura Pati-Rembang Kabupaten Pati, setelah selesai diperbaiki, kini dilengkapi marka jalan untuk menyambut pemudik lebaran pada Sabtu, 15 April 2023. (Istimewa/Lingkarjateng.id)

RAMAI LANCAR: Kondisi Jalur Pantura Pati-Rembang Kabupaten Pati, setelah selesai diperbaiki, kini dilengkapi marka jalan untuk menyambut pemudik lebaran pada Sabtu, 15 April 2023. (Istimewa/Lingkarjateng.id)

PATI, Lingkarjateng.id – Kondisi jalan di Jalur Pantura Pati, secara keseluruhan siap dilalui pemudik. Aktivitas perbaikan jalan yang sebelumnya mengakibatkan kemacetan parah juga sudah selesai, sehingga arus lalu lintas ramai lancar.

Hasil penelusuran di Pati pada Sabtu, 15 April 2023, Jalur Pantura Pati-Rembang dari perbatasan Kabupaten Kudus hingga Pati mayoritas jalan terpantau dalam kondisi baik.Namun, masih ada beberapa lubang di tepi jalan yang harus diwaspadai pengendara, terutama kendaraan roda dua.

Kondisi arus lalu lintas ramai lancar, meskipun kendaraan bersumbu masih banyak yang melintas dan tidak sampai menimbulkan kepadatan.

Sempat Tertunda 5 Jam, Uji Coba Jembatan Juwana Pati Dibuka 1 Jalur

Jembatan Juwana yang sebelumnya mengakibatkan antrean panjang karena jembatan yang terbakar dilakukan perbaikan, saat ini bisa dilalui sehingga arus kendaraan lancar.

Selepas jalur tersebut, akses jalan lancar hingga memasuki Kota Kudus, terkecuali jalan bergelombang yang patut diwaspadai pengendara. Khususnya ketika memasuki Jalur Pantura Pati hingga Rembang.

“Di Jalur Pantura Juwana-Rembang, selepas Jembatan Juwana hingga perbatasan Rembang karena jalannya baru selesai diperbaiki, sehingga terdapat gelombang di sepanjang jalan,” jelas Kepala Polresta Pati, Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama.

Jalan Pati-Rembang Macet Parah, Bikin Kendaraan Besar Lewat Jalur Alternatif

Oleh karena itu, Kombes Pol Andhika mengimbau kepada pengguna jalan, khususnya pengendara sepeda motor, agar tetap konsentrasi penuh supaya tidak mudah terpeleset.

Secara umum, menurut Kombes Pol Andhika, hasil pantauan mulai dari Kota Pati hingga perbatasan Pati dengan Rembang di Kaliori, semua jalur siap digunakan untuk pemudik.

“Jalan yang sebelumnya diperbaiki mulai dari Jembatan Juwana hingga Jalur Batangan saat ini dapat digunakan, sedangkan aktivitas perbaikan jalan juga sudah selesai pengerjaannya, dan semuanya cukup baik sehingga pengguna jalan khususnya yang melintasi Jalur Pantura akan melewati Pati dan Rembang aman,” ujarnya.

Akibat 2 Proyek Jalan Bersamaan, Jalur Pantura Pati-Rembang Sempat Macet Panjang

Sebelumnya, uji coba pembukaan jembatan Juwana telah dilakukan pada Sabtu, 1 April 2023 jam 23.30 WIB. Operasional open traffic dibuka satu jalur karena bagian kanan dan kiri jembatan masih dalam tahap finishing.

“Semua kendaraan, baik itu trul, trailer, dan kendaraan yang lain sudah bisa melintas. Karena kita desain seperti jalan tol, didesain dengan beban maksimal untuk kendaraan bina marga,” jelas General Superintendent PT Bukaka Teknik Utama, Fachrizal Naikem.

Lalu sesuai rencana, Jembatan Juwana dibuka secara full untuk menyambut pemudik lebaran sehingga diharapkan dapat mengurai macet.

“Untuk mudik H-10 rencananya akan dibuka full dua lajur dari Pati-Rembang atau sebaliknya,” imbuhnya. (Lingkar Network | Koran Lingkar)

Exit mobile version