Harga Cabai di Batang Melonjak Tembus Rp 75 Ribu per Kg

Harga Cabai di Batang Melonjak Tembus Rp 75 Ribu per Kg 1

ILUSTRASI: Cabai rawit merah. (Antara/Lingkarjateng.id)

BATANG, Lingkarjateng.id Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM Kabupaten Batang, Subiyanto mengatakan bahwa, kenaikan harga cabai dipicu dampak musim kemarau yang cukup panjang sehingga produksi cabai juga berkurang.

Saat ini, kata dia, harga cabai rawit merah mencapai sekitar Rp 75 ribu per kilogram atau naik dibanding sebelumnya Rp 65 ribu per kilogram sedang cabai merah keriting sekitar Rp 45 ribu per kilogram, sedangkan harga beras Rp 14 ribu per kilogram.

“Ya, musim kemarau yang cukup panjang ini menyebabkan petani di sejumlah wilayah tidak bisa maksimal memasok cabai ke pasaran karena hasil panen juga sedikit. Oleh karena itu, kami akan memaksimalkan program operasi pangan murah di beberapa wilayah kecamatan,” kata Subiyanto, pada Senin, 6 November 2023.

Oleh karena itu, kata dia, sebagai upaya menekan kenaikan harga cabai maupun beras, pihaknya terus mengoptimalkan kegiatan operasi pangan murah di beberapa kecamatan setempat.

Sementara itu, Kepala Bidang Ketahanan Pangan Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Batang Dewi Wuryanti mengaku, cabai yang dijual di pasar maupun yang dipasok untuk memenuhi program operasi pasar murah sebagian dalam kondisi mengering.

Pemkab Batang, kata dia, mengajak masyarakat tidak melakukan pembelian cabai secara berlebihan dan mengonsumsi komoditas itu hendaknya secukupnya.

“Saat ini, pemerintah telah berupaya menstabilkan harga kebutuhan pokok melalui program operasi pangan murah di 8 kecamatan dengan harga di bawah pasar. Kami juga mengimbau masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pokok, terutama cabai secukupnya,” katanya. (Lingkar Network | Anta – Lingkarjateng.id)

Exit mobile version