H-1 Penutupan Vermin, 603 Bacaleg Blora belum Ajukan Perbaikan

Ketua KPU Blora, Mohamad Khamdun. (Dok. KPU Blora/Lingkarjateng.id)

Ketua KPU Blora, Mohamad Khamdun. (Dok. KPU Blora/Lingkarjateng.id)

BLORA, Lingkarjateng.id  – Verifikasi Administrasi (Vermin) perbaikan berkas pendaftaran calon legislatif masih berlangsung sampai dengan tenggat waktu Minggu, 6 Agustus 2023. Namun, hingga Jumat, 4 Agustus 2023 masih ada 600-an bakal caleg yang belum mengajukan perbaikan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blora.

KPU Blora mencatat, setidaknya masih ada 603 bakal calon legislatif (bacaleg) dan 15 partai politik (parpol) yang belum mengajukan perbaikan.

Ketua KPU Blora, Mohamad Khamdun mengatakan, sampai detik ini belum ada perbaikan atau perubahan dari berkas-berkas tersebut. Terakhir, pada 10 Juli hingga 31 Juli lalu, telah difokuskan untuk melakukan klarifikasi ke Parpol terkait analisa kegandaan internal maupun eksternal. 

“Analisa kegandaan sudah clear. Kemarin ada satu bacaleg dari Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) sudah klarifikasi atas kegandaannya di dua dapil. Nanti di-update lebih lanjut,” ungkapnya.

Khamdun menjelaskan, beberapa berkas yang masih perlu dilakukan perbaikan antara lain ijazah, surat SKCK, keterangan sehat, hingga surat berkelakuan baik dari pengadilan negeri.

“Kami sudah koordinasi dengan sekolah-sekolah atau dinas terkait. Ini tinggal nunggu waktu 6 Agustus nanti. Setelah itu tahapan penyusunan Daftar Calon Sementara (DCS) lalu ditetapkan pada 19 Agustus nanti,” imbuh Hamdun.

Terpisah, Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Blora Ahmad Solikin, mengatakan belum ada bacaleg yang mengundurkan diri. Kendati demikian, pihaknya memprediksi bakal ada beberapa bakal caleg yang mundur karena suatu alasan yang belum bisa disebutkan.

“Saat ini 603 Bacaleg masih bertahan. Bacaleg perempuannya ada 250 orang atau 41 persen dari keseluruhan. Kemungkinan ada yang mundur dari Parpol, tapi belum ada pemberitahuan resmi. Jadi kami masih tunggu sampai jadwal yang ditentukan,’’ pungkasnya. (Lingkar Network | Hanafi – Lingkarjateng.id)

Exit mobile version