Grebeg Besar Demak Dibuka, Bupati: Bangkitkan Ekonomi Pasca Pandemi

Grebeg-Besar-Demak-Dibuka,-Bupati-Bangkitkan-Ekonomi-Pasca-Pandemi

MENYAMPAIKAN: Bupati Demak, Eisti'anah saat menyampaikan sambutan di Opening Ceremony Grebeg Besar Demak. (Tammalia Amini/Lingkarjateng.id)

DEMAK, Lingkarjateng.id – Tradisi Grebeg Besar Demak telah resmi dibuka. Opening Ceremony Grebeg Besar ini digelar sangat meriah di Pendopo Kabupaten Demak, Jumat (24/6). Pembukaan acara Grebeg Besar Demak turut dihadiri oleh jajaran Forkopimda, Kapolres Demak, Kajari Demak, Ketua Pengadilan Negeri, dan Direktur CV. Diana Ria sebagai pengelola rangkaian acara Grebeg Besar.

Sebelum acara inti, para tamu undangan dihibur dengan penampilan grup musik, Tari Rampayekso, penampilan Duta Wisata Kabupaten Demak, pemutaran video Grebeg Besar Demak dari tahun ke tahun, dan sambutan dari Kemenparekraf, Sandiaga Uno melalui video yang ditampilkan di layar.

Dalam sambutannya, Bupati Eisti’anah menyampaikan bahwa, dibukanya Grebeg Besar Demak secara gratis merupakan wujud rasa sayang Pemerintah Kabupaten Demak kepada masyarakat. Grebeg Besar juga sebagai upaya untuk membangkitkan kondisi ekonomi warga Kabupaten Demak pasca pandemi.

Grebeg Besar Demak Bakal Digelar Meriah Tahun Ini

“Ini merupakan rasa sayang kami terhadap masyarakat. Juga salah satu upaya pemerintah dalam membangkitkan ekonomi pasca pandemi,” tutur Bupati Demak.

Ia juga menyampaikan bahwa, dilihat dari sejarahnya, momen Grebeg Besar Demak merupakan sarana bagi para wali untuk menyebarkan agama Islam. Acara ini menjadi kesempatan bagi para penyebar agama untuk mengumpulkan masyarakat dengan tujuan dakwah.

“Menurut sejarah, Grebeg Besar adalah sarana wali untuk mengumpulkan banyak orang dalam upaya menyampaikan dakwah melalui seni dan budaya, seperti ajaran yang diajarkan oleh Wali Songo,” Jelasnya.

Bupati Eisti’anah juga mengungkapkan bahwa, antusiasme masyarakat yang datang ke acara Grebeg Besar Demak sudah menjadi tradisi dari tahun ke tahun. Di kesempatan yang sama, ia mengingatkan agar para pengunjung yang datang bisa memanfaatkan momen dengan baik. Tidak hanya melestarikan perilaku atau budaya konsumtif, tetapi juga tetap menjaga kebersihan dan keamanan acara.

“Kami mengimbau kepada semua untuk mengajak sanak saudara agar mengunjungi keramaian Grebeg Besar. Manfaatkan momen ini sebaik mungkin. Jangan hanya digunakan sebagai perilaku konsumtif semata, untuk para pedagang dan pengunjung jagalah kebersihan agar tetap nyaman dalam berkunjung,” tegasnya.

Acara kebudayaan itu pun ditutup dengan membunyikan kentongan bersama. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan potongan tumpeng dari Bupati Demak ke Direktur Cv. Diana Ria Enterprise, H. Muntohar, S.H selalu Event Organizer yang ditunjuk untuk mengelola tradisi Grebeg Besar Demak. (Lingkar Network | Tammalia Amini – Koran Lingkar)

Exit mobile version