DPRD Pati Suriyanto Usulkan Subsidi Silang bagi Jemaah Haji Kurang Mampu

Anggota DPRD Kabupaten Pati, Suriyanto. (Istimewa/Lingkarjateng.id)

Anggota DPRD Kabupaten Pati, Suriyanto. (Istimewa/Lingkarjateng.id)

PATI, Lingkarjateng.id – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati Suriyanto meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) membantu jemaah haji yang kurang mampu.

Anggota DPRD Pati Suriyanto mengusulkan, Pemkab bisa menerapkan subsidi untuk membantu jemaah haji yang kurang mampu. Pelaksanaan subsidi dilakukan dengan cara subsidi silang, yaitu bagi jemaah yang mampu bisa membantu jemaah haji yang kurang mampu. 

Dengan begitu, Pemda dapat meringankan jemaah haji yang kurang mampu khususnya bagi yang berusia lanjut. Karena, jemaah haji yang sudah tua kebanyakan tidak mengetahui besaran dana yang akan dikeluarkan untuk melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih).

Suriyanto menambahkan, bantuan tersebut juga akan meringankan jemaah kurang mampu yang belum melunasi ongkos haji.

“Proses perjalanan haji tahun ini, dimana yang masih ada daftar tunggu atau masih belum ada pelunasan, setidaknya atau seyogyanya mungkin untuk yang kurang mampu mampu harus diadakan subsidi silang kepada yang mampu. Jadi untuk meringankan yang sudah tua-tua atau menopouse itu, karena dari awal dia belum tahu tentang masalah harga haji tersebut. Mohon pemerintah untuk bisa menyokong atau mensubsidi untuk yang kurang mampu jadi terjadi subsidi silang,” ungkap Suriyanto.

Disisi lain, Anggota Dewan Komisi B tersebut mengatakan, proses pemberangkatan haji tahun ini bisa menjadi bahan evaluasi. Sehingga pemberangkatan calon jemaah haji kedepannya akan berjalan lebih baik.

“Mudah-mudahan itu dari kita, pemerintah bisa memperhatikan dalam pemberangkatan haji ini sebagai tolak ukur bagimana caranya yang lebih baik kedepannya,” pungkasnya. (Lingkar Network | Setyo Nugroho – Lingkarjateng.id)

Exit mobile version