DPRD Pati Muslihan Siap Kawal Pemilu 2024

DPRD Pati Muslihan Siap Kawal Pemilu 2024

POTRET: Anggota Komisi A DPRD Pati, Muslihan. (Istimewa/Lingkarjateng.id)

PATI, Lingkarjateng.id – Komisi A DPRD Pati selaku badan legislatif yang membidangi urusan hukum dan pemerintahan, mengaku siap mengawal pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 mendatang.

Hal ini disampaikan langsung oleh anggota Komisi A DPRD Pati, Muslihan. Ia menuturkan bahwa, pihaknya akan senantiasa bekerjasama dengan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Komisi A sesuai dengan kewenangannya yang membidangi pemerintahan dan hukum. Kita mengikuti tahapan-tahapan. Termasuk aturan-aturan yang dilakukan oleh KPU, karena sekarang kan ada aturan dari pusat. Setidaknya kita menjalankan sesuai dengan tahapan yang berjalan saat ini,” kata anggota Komisi A DPRD Pati, Muslihan.

DPRD Pati Muslihan Minta KPU dan Bawaslu Kerja sesuai Tupoksi

Salah satu bukti nyata peranan Komisi A DPRD Pati dalam pengawasan Pemilu adalah melakukan sosialisasi melalui media sosial dan pemberitaan, terkait imbauan dan ajakan untuk berpartisipasi dalam Pemilu 2024.

Muslihan berharap, dengan sosialisasi dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat Pati mengenai pelaksanaan Pemilu sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Komisi A memang menjadi mitra yang menekankan bahwa Pemilu harus dijalankan sesuai dengan tahapan dan aturan yang berlaku, yang sudah ada,” imbuhnya.

Selain dalam bentuk pengawasan, menurutnya, hal tak kalah penting yang harus diperhatikan adalah anggaran. Meski beberapa waktu lalu sudah disepakati bersama seluruh jajaran DPRD Pati dan Pj Bupati Pati, pihaknya juga tak menutup kemungkinan adanya penambahan anggaran untuk Pemilu. Terlebih, tambah Muslihan, pembahasan kemarin masih bersifat dana cadangan.

“Dana cadangan kan memang dianggarkan di perubahan yang kemarin sudah kita bahas. Dana cadangan kan sifatnya cadangan. Kita juga belum tahu, misalkan penambahan dari Pemerintah Pusat maupun provinsi kita belum tahu,” tegasnya. (Lingkar Network | Arif Febriyanto – Lingkarjateng.id)

Exit mobile version