DPMPTSP Kendal Fasilitasi Kemitraan untuk Pelaku UMKM

DPMPTSP Kendal Fasilitasi Kemitraan untuk Pelaku UMKM

SAMBUTAN : Kepala DPMPTSP Kendal, Anang Widiasmoro (memegang mic) saat membuka kegiatan Fasilitasi Kemitraan Strategis Toko Modern dan UMKM Kabupaten Kendal, di Aula DPMPTSP, pada Kamis, 29 Februari 2024. (Arvian Maulana/Lingkarjateng.id)

KENDAL, Lingkarjateng.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kendal melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Kendal aktif berpartisipasi dalam mendorong para pelaku UMKM Kabupaten Kendal untuk bersinergi dengan pengusaha besar.

Salah satunya dengan menggelar kegiatan Fasilitasi Kemitraan Strategis Toko Modern dan UMKM Kabupaten Kendal, di Aula DPMPTSP, pada Kamis, 29 Februari 2024.

Kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Kepala DPMPTSP Kendal, Anang Widiasmoro.

Kepala DPMPTSP Kendal, Anang Widiasmoro mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu program dalam rangka memfasilitasi UMKM di Kabupaten Kendal terkait dengan kemitraan.

“Jadi dalam kegiatan ini kami DPMPTSP mengambil kursi fasilitasi dan koordinasi terkait implementasi pembangunan portofolio UMKM. Harapan kami nanti UMKM yang sudah baik dan besar nantinya akan membangun portofolio UMKM sehingga bisa naik kelas dan tumbuh bersama,” terangnya.

Ditambahkan, sinergitas antara UMKM dan pengusaha besar ini dapat menjadi upaya dalam menciptakan rantai pasok untuk mereka. Sehingga perputaran aktivitas perekonomian sebagai multipler effect adanya industri di Kendal dapat berjalan dengan baik.

“Kami mencoba menambah jaringan dan pengetahuan terkait marketing dan permodalan. Harapan kami UMKM berdaya dan meningkatkan kapabilitas mereka. Terkait permasalahan marketing dan permodalan ini harus kita pecahkan bersama, dan harus berkolaborasi supaya program kami ini tepat sasaran dan bisa diimplementasikan,” imbuh Anang.

Anang berharap, para pelaku usaha juga dapat memanfaatkan Sistem Informasi Digitalisasi Fasilitasi Kemitraan Strategis Usaha Besar dan Usaha Kecil Menengah (Simitra Harum), untuk lebih detail melihat penyajian informasi profil para pelaku usaha dalam bentuk peta atau Geographic Information System (GIS) yang dapat diakses melalui alamat website https://peta.kendalkab.go.id/simitraharum.

Sementara itu, pelaku UMKM produk IQ, Hani Fitriani mengaku telah menjalankan usaha handmade miliknya sejak 2020. Ia menyatakan melalui kegiatan fasilitasi kemitraan ini sangat bagus untuk mendorong para pelaku UMKM di Kabupaten Kendal dalam mengembangkan usahanya.

“Harapan besar kami bisa difasilitasi untuk permodalan dan pemasaran. Karena kebanyakan dari pelaku UMKM Kendal kan emak-emak dan kurang mengetahui soal teknologi dan cangkupan pemasaran hanya di lokal saja. Jadi melalui fasilitasi DPMPTSP ini harapannya produk kami bisa sampai ke penjuru nusantara,” ujarnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Kepala Bidang Penanaman Modal pada DPMPTSP Kendal, Mustikasari, Retail Buyers and Kurator PT Ruang Market Milenial (M Bloc Market) Pusat Jakarta, Deden Hasyim dan Pemimpin BNI Kantor Cabang Kendal, Dyah Liring Widuri. (Lingkar Network | Arvian Maulana – Lingkarjateng.id)

Exit mobile version