PATI, Lingkarjateng.id – Layanan LaporBup yang telah diluncurkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati banyak dimanfaatkan oleh masyarakat.
Hal ini dapat dilihat dari banyaknya aduan yang diterima oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Pati sebagai pengelola atau admin LaporBup.
Sebelumnya, LaporBup merupakan ruang komunikasi publik yang diselenggarakan oleh pemerintah, agar masyarakat bisa aktif menyampaikan aduan, keluhan, atau saran terhadap pelaksanaan pembangunan dan pengelolaan pelayanan daerah. Untuk masyarakat Pati, bisa memanfaatkan LaporBupPati.
Diskominfo Pati Sigap Tangani Ratusan Aduan Masyarakat di LaporBup
Kabid Informasi Komunikasi dan Publikasi (IKP) Diskominfo Pati, Ida Istiani mengatakan, LaporBup merupakan pengembangan dari Teras Aduan. Sedangkan Teras Aduan merupakan platform aspirasi masyarakat selama kepemimpinan Bupati Haryanto.
Hanya saja dalam pelaksanaannya, tambah Ida, Teras Aduan kurang mendapatkan respond dari masyarakat. Berbeda dengan Laporbup yang cukup banyak dimanfaatkan masyarakat sejak diluncurkan pada September 2022 lalu.
“LaporBup kan sebelumnya bernama Teras Aduan. Hanya saja tidak banyak yang melapor. Semenjak kepemimpinan Pak Pj Bupati Pati namanya diganti menjadi LaporBup,” terangnya.
LaporBup, Diskominfo Pati Terima Belasan Aduan melalui Facebook
Menurut Ida, banyaknya masyarakat yang memanfaatkan LaporBup untuk mengirimkan aduan, lantaran terdapat penambahan fitur nomor WhatApp pada LaporBup.
Sehingga menurutnya, hal ini memudahkan masyarakat untuk melapor. Sedangkan Teras Aduan hanya melayani aduan dari Facebook dan Instagram.
Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa jumlah aduan yang terima melalui Whatsapp oleh pihaknya dalam sehari, lebih banyak dibandingkan aduan yang diterima melalui Facebook atau Instagram.
Pemkab Pati Luncurkan Aplikasi LaporBupPati, Permudah Warga Sampaikan Aduan
Ia juga mengatakan bahwa, aduan paling banyak didominasi tentang jalan rusak, kemudian disusul terkait bantuan sosial (Bansos) yang tidak tepat sasaran.
“Ini semua adalah masukan dari masyarakat, setiap harinya cukup banyak dari WhatsApp. Kalau yang dari Facebook atau Instagram itu hanya beberapa. Untuk penyelesaiannya, dari kami selaku admin menyampaikan ke OPD terkait lewat WhatsApp juga, agar tersampaikan lebih cepat,” tambahnya.
Dengan adanya pengembangan LaporBup ini, Ida berharap masyarakat dapat lebih aktif dan tidak sungkan untuk memberikan sumbangsih masukan kepada Pemkab Pati agar menjadi lebih baik lagi, pihaknya juga siap menampung semua aspirasi masyarakat. (Lingkar Network | Arif Febriyanto – Lingkarjateng.id)