Diskominfo Pati Gelar Bimtek Penggunaan TTE di Puskesmas Jakenan

BIMTEK: Diskominfo Pati menggelar bimbingan teknis mengenai penggunaan tanda tangan elektronik atau TTE bagi karyawan Puskesmas Jakenan belum lama ini. (Dok. Instagram Diskominfo Pati/Lingkarjateng.id)

BIMTEK: Diskominfo Pati menggelar bimbingan teknis mengenai penggunaan tanda tangan elektronik atau TTE bagi karyawan Puskesmas Jakenan belum lama ini. (Dok. Instagram Diskominfo Pati/Lingkarjateng.id)

PATI, Lingkarjateng.idDinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Pati menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) mengenai penggunaan tanda tangan elektronik atau TTE bagi karyawan Puskesmas Jakenan, belum lama ini.

Kepala Diskominfo Pati, Ratri Wijayanto, mengatakan pentingnya bimtek penggunaan TTE dalam rangka mempermudah dan mempercepat administrasi, baik itu surat menyurat ataupun yang lainnya.

“Jadi semua OPD (Organisasi Perangkat Daerah) kita dorong untuk menggunakan tanda tangan elektronik. Supaya apa, untuk mempercepat pelayanan administrasi,” ungkapnya.

Terapkan TTE, Diskominfo Pati Perkuat Digitalisasi Layanan

Disamping itu, Ratri menyampaikan bahwa TTE ini berfungsi menjamin keaslian dokumen dan menunjukkan bahwa suatu dokumen telah sah secara legal hukum.

“Sehingga, berfungsi sebagai non repudiation yang artinya penandatanganan tidak dapat menyangkal dokumen yang telah ditandatangani,” imbuhnya.

Ratri menyebutkan, ada ada jenis TTE sesuai dengan Undang Undang Informasi dan Transaksi Elektronik atau ITE. Diantaranya adalah tanda tangan yang terdiri atas informasi elektronik yang dilekatkan, terasosiasi atau terkait dengan informasi elektronik lainnya yang digunakan sebagai alat verifikasi. Kemudian TTE sebagai alat autentikasi atau keabsahan suatu dokumen atau surat.

Pihaknya berharap dengan adanya TTE ini dapat mempermudah pelayanan instansi pemerintah terhadap masyarakat. Sehingga ke depan, tidak ada lagi keluhan dari masyarakat perihal pelayanan administrasi. (Lingkar Network | Arif Febriyanto – Lingkarjateng.id)

Exit mobile version