Di Balik Sukses Pawai Kirab ke-1 Napak Tilas Ki Ageng Penjawi Kebangkitan Pati

DI BALIK KESUKSESAN SUAMI: (Dari kiri ke kanan) Istri Ketua Panitia Teguh Jumadiyanto, Endang Purwaningsih; Istri Mantan Kapolsek Batangan Any Prihatiningtyas; Istri Pj Bupati Ibu Faiza Henggar Anggoro; Istri Kasdim 07/18 Pati Wiwik Sundari Maulana Muttaqin Fahmi, Istri Penanggung Jawab Pawai Kirab Irma Indrasari Agus Sunarko. (Lingkar Media Group)

DI BALIK KESUKSESAN SUAMI: (Dari kiri ke kanan) Istri Ketua Panitia Teguh Jumadiyanto, Endang Purwaningsih; Istri Mantan Kapolsek Batangan Any Prihatiningtyas; Istri Pj Bupati Ibu Faiza Henggar Anggoro; Istri Kasdim 07/18 Pati Wiwik Sundari Maulana Muttaqin Fahmi, Istri Penanggung Jawab Pawai Kirab Irma Indrasari Agus Sunarko. (Lingkar Media Group)

PATI, Lingkarjateng.id – Pawai Kirab ke-1 “Napak Tilas Ki Ageng Penjawi Kebangkitan Pati” telah sukses digelar Minggu kemarin, 23 Juli 2023. Di balik kesuksesan gelar budaya tersebut, ada support para istri yang mengalir tiada henti. Meski tak terlibat secara langsung, akan tetapi para istri yang senantiasa mendoakan kiprah para suami, turut berkontribusi dalam suksesnya torehan sejarah baru di Kabupaten itu.

Salah satu di antara mereka adalah istri Penanggung Jawab Acara Pawai Kirab, Irma Indrasari, S.E. yang terlihat anggun dan menawan dalam balutan busana adat Pati. Dengan senyum yang selalu terpancar sepanjang perjalanan Pawai Kirab yang cukup melelahkan, Irma kerap menyapa masyarakat saat mendampingi suaminya Agus Sunarko, S.STP., M.Si.

“Saya selalu mendoakan agar acara berjalan dengan lancar. Alhamdulillah, apa yang menjadi hajat warga Pati Lor dapat tertunaikan dan sejarah baru Pawai Kirab bertajuk Napak Tilas Ki Ageng Penjawi Kebangkitan Pati dapat terlaksana dengan sukses dan meriah,” tutur Irma.

Selain dirinya, banyak juga istri-istri pejabat yang terlihat. Duduk anggun di kereta kencana, menyapa masyarakat yang penasaran, seperti apa gelaran Pawai Kirab yang perdana kalinya digelar itu. Ada istri Pj Bupati Pati Faiza Henggar dan istri Kasdim 0718/Pati Wiwik Sundari. Tak kalah penting dan selalu jadi tim konsumsi saat rapat diselenggarakan adalah istri Ketua Panitia Pawai Kirab Endang Purwaningsih.

Menurut Penanggung Jawab Acara Pawai Kirab ke-1 “Napak Tilas Ki Ageng Penjawi Kebangkitan Pati”, Agus Sunarko (Agsun), acara tersebut untuk perdana kalinya bisa dibilang sukses besar.

Sebagai inisiator acara, Agsun mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga yang terlibat. Mulai dari panitia, warga sekitar, para pejabat daerah, aparat pemerintah, ormas, hingga seluruh masyarakat yang menjadi saksi sejarah di hari itu.

“Tanpa kehadiran mereka, acara ini tak akan terlaksana semeriah ini. Tadi saya melihat, begitu tinggi animo masyarakat. Jalanan padat yang menonton dan menyapa sampai ada yang naik ke atas pohon agar tak terhalang pandangannya”, ungkap Agsun yang juga menjabat Komisaris Utama Lingkar Media Group ini.

POTRET: Penanggung Jawab Acara Pawai Kirab Agus Sunarko, S.STP., M.Si bersama istri Irma Indrasari, S.E. (Lingkar Media Group)

Kirab Ki Ageng Penjawi yang perdana digelar meriah ini tak hanya berhasil menyedot animo ribuan warga Kabupaten Pati. Tetapi banyak juga warga luar daerah yang ikut datang menjadi saksi sejarah. Bahkan tak kalah mengejutkan, ada pula tamu dari Kesultanan Solo juga turut hadir menjadi peserta Pawai Kirab.

Koordinator lapangan Pawai Kirab, Supriyadi, S.Sy. menuturkan, bahwa pawai ini secara tidak langsung menjadi bukti bahwa semua orang bisa terlibat untuk meramaikan gelaran acara. Baik pria maupun wanita, tua maupun muda, hingga remaja maupun anak-anak. Semua bisa ikut dalam kemeriahan wisata budaya tersebut.

POTRET: Koordinator lapangan Pawai Kirab, Supriyadi, S.Sy. (Lingkar Media Group)

“Kita bisa lihat yang ikut kirab. Dari pasukan berkuda saja ada yang orang tua, ada yang remaja. Pembawa spanduk dari anak-anak pramuka. Semua bisa ikut terlibat dalam acara budaya ini. Ada tadi orang tua juga yang kuat berjalan berkilo-kilo meter. Untuk pengamanan, kami juga menyediakan ambulan,” jelas Supriyadi yang juga menjabat Direktur Lingkar TV ini.

Oleh sebab itu, Bacaleg DPRD Pati Dapil 5 dari Partai Demokrat ini berharap Pemkab Pati dapat mendukung Pawai Kirab ke-1 “Napak Tilas Ki Ageng Penjawi Kebangkitan Pati” yang kental dengan unsur budaya tersebut, menjadi agenda tahunan di Kabupaten Pati.

“Harapan kami, Pemkab bisa mendukung acara ini tiap tahun. Karena Ki Ageng Penjawi ini salah satu tokoh penting di Kabupaten Pati, yang merupakan salah satu pendiri dan pemimpin Kabupaten Pati di zaman dulu,” tutur Supriyadi.

Di sisi lain, Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro yang juga ikut Pawai Kirab bersama istri, memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas terselenggaranya Pawai tersebut untuk pertama kalinya.

POTRET: Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro beserta istri Faiza Henggar. (Lingkar Media Group)

“Perjuangan Ki Ageng Penjawi bersama pendereknya di daerah Utara Jawa, terutama di Kabupaten Pati dalam menyebarkan agama Islam yang rahmatan lil alamin, semoga bisa diingat masyarakat Pati, dan bisa dimaknai sebagai ajaran luhur. Melalui agenda ini, semoga generasi kita dapat lebih menghargai perjuangan pendahulunya, dan dapat meniru semangatnya untuk membawa Kabupaten Pati menjadi lebih baik di masa mendatang,” harapnya. (Lingkar Network | Koran Lingkar)

Exit mobile version