Cegah Banjir, Puluhan Personel Bersih-bersih Sampah di Kali Aji Kendal

GOTONG ROYONG: Personel gabungan membersihkan sampah di Kali Aji, Kaliwungu, Kendal. (Arvian Maulana/Lingkarjateng.id)

GOTONG ROYONG: Personel gabungan membersihkan sampah di Kali Aji, Kaliwungu, Kendal. (Arvian Maulana/Lingkarjateng.id)

KENDAL, Lingkarjateng.id – Sebagai upaya pencegahan banjir, Pemerintah Kabupaten Kendal melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kendal berkolaborasi melaksanakan kegiatan bersih sampah di Kali Aji, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal.

Puluhan personil dikerahkan untuk pembersihan Kali Aji yang dilaksanakan selama empat hari, pada Rabu-Sabtu, 8-11 November 2023. 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kendal, Aris Irwanto mengatakan, kegiatan pembersihan Kali Aji ini berkolaborasi dengan beberapa stakeholder.

“Yakni Pusdataru Jawa Tengah, DLH, BPBD, Satpol PP dan Damkar, Dishub, TNI, DPUPR, UPTD Pasar Gladak, Forkopimcam Kaliwungu dan Kaliwungu Selatan,” ujarnya.

Dijelaskannya, Kali Aji yang dari hulu hingga hilirnya dilewati lebih dari 50 desa itu kerap rawan banjir.

“Potensial sampah larinya ke Kali Aji baik itu batang pohon, kadang juga ada kasur dan sampah lainnya. Sehingga pada hujan pertama, pasti terjadi banjir,” jelasnya.

Selain itu, banjir di Kali Aji juga disebabkan sendimentasi lumpur sungai yang dangkal dan sampah yang menumpuk.

“Kegiatan ini rutin kita laksanakan, karena sendimentasi Kali Aji itu memang sangat tinggi. Pada bulan Juni tahun 2023 ini, sudah ada pengerukan tetapi setelah itu pasti ada sampah dan lumpur yang menutupi Kali Aji ini,” tambahnya.

Dengan dilaksanakan kegiatan ini, dirinya berharap muncul rasa kepedulian masyarakat untuk menjaga lingkungan.

“Harapannya, paling tidak bisa menyadarkan masyarakat untuk tidak membuang sampah di sungai,” harapnya. (Lingkar Network | Arvian Maulana – Lingkarjateng.id)

Exit mobile version