Bupati Kudus Beri Sinyal Pencairan BLT Buruh Rokok Tahap 3, Ini Bocorannya

ILUSTRASI: Buruh rokok di Kudus menerima BLT yang berasal dari DBHCHT. (Nisa Hafizhotus. S/Lingkarjateng.id)

ILUSTRASI: Buruh rokok di Kudus menerima BLT yang berasal dari DBHCHT. (Nisa Hafizhotus. S/Lingkarjateng.id)

KUDUS, Lingkarjateng.id Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus memberikan sinyal kuat terkait penyaluran bantuan langsung tunai atau BLT buruh rokok tahap tiga.

Bupati Kudus M. Hartopo mengatakan bahwa BLT buruh rokok dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) tahap tiga akan dialokasikan dalam APBD perubahan nanti. Meskipun saat ini APBD perubahan masih dalam proses pembahasan.

“BLT cukai tahap tiga ada, nanti di APBD Perubahan. Saya tegaskan masih ada,” ucapnya.

Terpisah, Federasi Serikat Pekerja Rokok Tembakau Makanan Minuman, Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (FSP RTMM-SPSI) Kabupaten Kudus mengaku akan terus mengawal rencana realiasi BLT buruh rokok tahap tiga tersebut.

Sekretaris PC FSP RTMM-SPSI Kudus, Agus Purnomo, menyampaikan bahwa pihaknya sudah bertemu dengan bupati kudus untuk mempertegas komitmen bupati memberikan anggaran tambahan agar BLT cukai tahap tiga bia disalurkan. 

Ia menambahkan, hasil keputusan APBD perubahan sedianya bisa diketahui pada September ini. Harapannya, BLT bisa disalurkan pada November mendatang.

Pihaknya sudah mengajukan jumlah penerima BLT tahap tiga untuk lebih dari 65.000 pekerja. Setiap orangnya direncanakan mendapatkan bantuan sekira Rp 600 ribu untuk dua bulan.

“Kami sudah koordinasikan dengan bupati. Setelah disepakati tambahan anggaran nantinya, kami harapkan penyaluran BLT cukai bisa segera dilaksanakan,” ujarnya. (Lingkar Network | Nisa Hafizhotus. S – Koran Lingkar)

Exit mobile version