Bupati Jepara Ingatkan Peran Penting Perempuan di Hari Kartini

Bupati Jepara Ingatkan Peran Penting Perempuan di Hari Kartini

MEMERIAHKAN: Bupati Jepara Dian Kristiandi ikut berpartisipasi dalam workshop batik pada peringatan Hari Kartini. (Muslichul Basid/Lingkarjateng.id)

JEPARA, Lingkarjateng.id – Bupati Jepara Dian Kristiandi mengingatkan peran penting perempuan bagi peradaban sebuah bangsa. Menurutnya, perempuan adalah tiang negara sekaligus menjadi pilar peradaban sebuah bangsa. Hal ini disampaikan orang nomor satu di Jepara tersebut saat membuka Seminar Peringatan Hari Kartini ke-144 di Pendopo R.A Kartini Jepara, Kamis (21/4).

“Perempuan sebagai seorang ibu adalah tiang penyangga dan juga penjaga ketahanan keluarga. Karena ibu merupakan madrasah pertama yang mengajarkan dan menanamkan nilai, norma serta menjadi orang yang meletakkan dasar dan pondasi bagi kepribadian dan karakter seorang anak,” kata Andi sapaan akrab Bupati Jepara

Ia menuturkan, ibu yang baik akan melahirkan masyarakat yang baik. Maka, jika kaum perempuan dalam suatu negeri berbudi pekerti baik, niscaya akan baik pula negerinya. Ia meyakini jika para perempuan Jepara adalah sosok tangguh, tahan banting, pantang menyerah sekaligus memiliki budi pekerti luhur.

Pemkab Jepara Gelar Sejumlah Kegiatan di Hari Kartini

“Tak lain karena perempuan Jepara mewarisi semangat tiga tokoh perempuan hebat Jepara. Dari Ratu Shima, kita belajar tentang nilai-nilai kejujuran, keadilan, dan kebijaksanaan. Ratu Kalinyamat, mengajarkan tentang keberanian dan ketangguhan sedangkan dari R.A Kartini kita mengerti tentang ketekunan dan semangat pantang menyerah meski menghadapi rintangan dan dalam keterbatasan,” terangnya.

Oleh karena itu, Bupati Andi memberikan motivasi kepada perempuan Jepara untuk dapat mengambil peran dalam mengisi pembangunan, tanpa memedulikan siapa, apa pendidikan, dan latar belakangnya, dimanapun dia berada dan bagaimanapun kondisinya, perempuan harus diberikan ruang setara untuk berkiprah dan berkembang maju.

“Momentum peringatan Hari Kartini kali ini, mari kita jadikan ajang introspeksi sejauh mana kita merefleksikan cita-cita emansipasi Kartini. Apapun peran yang sedang dijalani, para perempuan Jepara adalah Kartini-Kartini hebat saat ini,” pungkas Andi.

Dalam peringatan Hari Kartini Tahun 2022 ini, diisi juga dengan berbagai kegiatan. Selain seminar, di halaman Pendopo juga dibuka sejumlah stand UMKM dan organisasi wanita. Pameran foto di Peringgitan Pendapa dan pelatihan membatik di Serambi belakang Pendopo R.A Kartini Jepara. (Lingkar Network | Muslichul Basid – Koran Lingkar)

Exit mobile version