Bentuk Profil Pelajar Pancasila, Pj Bupati Jepara Ajak Siswa Rawat 4 Pilar Kebangsaan

DIALOG: Penjabat (Pj) Bupati Jepara, Edy Supriyanta saat tanya jawab dengan siswa SMKN 3 Jepara pada Senin, 28 Agustus 2023. (Tomi Budianto/Lingkarjateng.id)

DIALOG: Penjabat (Pj) Bupati Jepara, Edy Supriyanta saat tanya jawab dengan siswa SMKN 3 Jepara pada Senin, 28 Agustus 2023. (Tomi Budianto/Lingkarjateng.id)

JEPARA, Lingkarjateng.id Penjabat (Pj) Bupati Jepara, Edy Supriyanta, mengajak siswa-siswi di Jepara untuk merawat empat pilar kebangsaan. Hal ini disampaikan saat menghadiri Dialog Kebangsaan yang diikuti 350 siswa kelas XII SMKN 3 Jepara pada Senin, 28 Agustus 2023.

Hadir dalamp kegiatan tersebut di antaranya, Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, Kepala Staf Kodim 0719/Jepara Mayor Arm Syarifudin, dan sejumlah pimpinan perangkat daerah di lingkungan Pemkab Jepara.

Pj Bupati Edy Supriyanta dalam kesempatan itu mengajak para siswa kembali mengenang perjuangan pendiri bangsa, salah satunya dengan menerapkan empat pilar kebangsaan dalam kehidupan. Dirinya juga melakukan tanya jawab seputar sejarah Jepara dan Indonesia.

“Ada 4 pilar bangsa yang harus kita rawat, Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI, dan UUD 1945,” ujarnya.

Dia menegaskan pentingnya menjaga keempat pilar kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari, sebab saat ini era digitalisasi telah memberikan akses informasi mudah dan cepat akan tetapi informasi tersebut bisa memecah belah persatuan jika tidak dicermati dengan baik.

Kemajuan teknologi dan media sosial, lanjut Pj Bupati Edy, marak oknum yang menggunakannya tanpa tanggung jawab. Seperti menyebarkan informasi palsu, ujaran kebencian, dan sebagainya.

“Untuk itu gunakan media sosial dengan bijak, jangan mengakses hal-hal yang tidak baik,” pesannya.

Sementara itu, menyambut pemilihan umum serentak 2024 nanti, pihaknya berpesan kepada para siswa sebagai pemilih pemula untuk menggunakan hak pilih sesuai hati Nurani

“Jangan sampai terlibat black campaign, dan ikut menyebarkan informasi bohong untuk menjatuhkan salah satu pihak. Juga hindari politik uang,” bebernya.

Pada kegiatan ini, dirinya juga mengajak para siswa untuk berdiskusi mengenai masa depan anak. Menjadi Polisi, TNI, hingga guru adalah beberapa cita-cita siswa SMKN 3 Jepara.

Sehingga ia memberikan nasehat agar para siswa terus semangat dan berusaha meraih cita-cita tersebut dan tidak melakukan kenakalan remaja yang dapat merenggut cita-cita mereka. (Lingkar Network | Tomi Budianto – Koran Lingkar)

Exit mobile version