Bakar Sampah, Lahan Bambu di Desa Karangrejo Pati Hangus Terbakar

Bakar Sampah Lahan Bambu di Desa Karangrejo Pati Hangus Terbakar

PADAM: Petugas Damkar Kabupaten Pati saat memadamkan lahan bambu yang terbakar di Desa Karangrejo, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati. (Humas Damkar Pati/Lingkarjateng.id)

PATI, Lingkarjateng.id – Lahan bambu milik Kepala Desa (Kades) Karangrejo, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati ludes dilalap api, pada Kamis, 17 Agustus 2023. Kebakaran yang terjadi bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia tersebut, sontak membuat warga sekitar panik.

Pasalnya, jarak antar bambu yang berdekatan, ditambah dengan cuaca panas membuat api dengan cepat membesar.

Seorang warga setempat, Isti membenarkan peristiwa kebakaran itu. Beruntung, dua mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) berhasil memadamkan kobaran api, sehingga kebakaran lahan tidak semakin meluas.

“Tadi saya mendengar ada anak-anak teriak kebakaran di lahan pring (bambu, red) milik Bu Inggi (kades, red) Yunita. Kalau pastinya saya kurang tahu,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Damkar Kabupaten Pati, Sugiono melalui keterangan tertulis mengungkapkan bahwa, kebakaran terjadi akibat sisa pembakaran sampah yang belum padam.

Ia mengatakan, material berupa kayu bambu yang mudah terbakar menjadikan api sulit dipadamkan. Sehingga enam anggotanya baru bisa memadamkan api dua jam setelahnya.

“Kami menerima laporan pukul 10.40 WIB bahwa ada kebakaran di lahan milik Bu Yunita, kepala desa. Penyebabnya bakar sampah dan baru bisa dipadamkan pukul 12.25 WIB,” kata Sugiono.

Meski tidak ada korban jiwa, kerugian akibat peristiwa ini ditaksir sebesar Rp 5 juta. (Lingkar Network | Arif Febriyanto – Lingkarjateng.id)

Exit mobile version