Atasi Banjir, Pemkab Demak Tawarkan Pompa Portable ke Pemdes

Bupati Demak, Eisti'anah saat ditemui seusai memberikan bantuan di Desa Tambakroto, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, belum lama ini. (Tomi Budianto/Lingkarjateng.id)

Bupati Demak, Eisti'anah saat ditemui seusai memberikan bantuan di Desa Tambakroto, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, belum lama ini. (Tomi Budianto/Lingkarjateng.id)

DEMAK, Lingkarjateng.idPemerintah Kabupaten (Pemkab) Demak akan menawarkan pompa portable kepada pemerintah desa guna mengatasi permasalahan banjir yang sampai saat ini masih menggenangi beberapa desa di Kabupaten Demak.

Bupati Demak, Eisti’anah, mengatakan bahwa pemberian pompa portable itu setidaknya bisa mengeluarkan air yang merendam rumah warga.

“Kami memfungsikan pompa portable dan menawarkan kepada desa-desa yang masih terendam air dan tentunya sangat membantu,” ujarnya.

Meski begitu, pompa portable merupakan penanganan sementara permasalahan banjir sembari mencari soslusi terbaik.

Menurut Bupati Eisti’anah, banjir di beberapa desa di Kabupaten Demak rata-rata disebabkan oleh luapan air sungai, sehingga penggunaan pompa sangat membantu.

“Kami masih assessment mencari kendala-kendalanya dan beberapa daerah memang membutuhkan pompa karena kondisi sungai dan wilayah yang terendam banjir itu lebih tinggi sungainya jadi diperlukan pompa air,” jelasnya.

Saat ini Pemkab Demak sudah berkoordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) untuk segera melakukan pengerukan sungai yang menimbulkan banjir di Demak.

“Kita sampaikan kalau memang ada kewenangan wilayah atau kewenangan untuk menindaklanjutinya. Kami dari Pemkab akan berusaha dengan keterbatasan anggaran tapi kita usahakan untuk menyelesaikannya,” tandasnya. (Lingkar Network | Tomi Budianto – Koran Lingkar)

Exit mobile version