Anggaran Perubahan APBD 2023 Masih Dibahas, Sebagian Besar untuk Pemilu

Kepala Bappeda Pati, Muhtar. (Arif Febriyanto/Lingkarjateng.id)

Kepala Bappeda Pati, Muhtar. (Arif Febriyanto/Lingkarjateng.id)

PATI, Lingkarjateng.id – Meskipun rancangan program dan pembangunan Kabupaten Pati telah diusulkan oleh Badan Perencanaan dan Pembangunan (Bappeda), besaran anggaran untuk pelaksanaan pembangunan tersebut hingga kini masih dalam proses pembahasan bersama dengan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) serta Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kabupaten Pati.

Kepala Bappeda Pati, Muhtar, saat dikonfirmasi mengatakan bahwa pihaknya belum berani memberikan jawaban terkait besaran anggaran perubahan yang diajukan, lantaran hingga saat ini masih dalam proses pembahasan.

“Beberapa usulan memang sudah masuk di kita. Tadi kita ketemu dengan BPKAD dan DPRD untuk membahas besaran anggarannya,” bebernya saat dijumpai usai Rapat Banggar di Gedung DPRD Pati, pada Senin, 11 September 2023.

Senada, Kepala BPKAD Pati Sukardi juga menjelaskan bahwa saat ini besaran anggaran perubahan APBD 2023 masih dibahas. Masih ada beberapa item yang harus disetujui antara eksekutif dengan legislatif.

“Usulan di perubahan masih dibahas. Kita tunggu digedok, ini masih diproses. Kami dipanggil ke sini juga untuk membahas itu. Jelas ada kenaikan karena ada belanja,” tegasnya.

Sementara ketika disinggung terkait besaran anggaran perubahan APBD 2023 yang diajukan oleh Bappeda, Sukardi juga tidak bisa merinci karena belum ada keputusan final. Yang jelas, kata dia, anggaran perubahan sebagian besar akan dialihkan untuk persiapan Pemilu 2024 yakni sebesar Rp 25 miliar.

Untuk menutupi kekurangan yang lain di anggaran perubahan, bakal digunakan dana dari Sisa Lebih Penggunaan Anggaran atau Silpa serta memanfaatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Minimal Rp 25 miliar, itu yang untuk Pilkada. Intinya sesuai kemampuan daerah, baik itu dari Silpa maupun dari pendapatan yang lain. Kita tunggu saja digedoknya. Yang paling banyak untuk persiapan Pemilu tadi,” imbuhnya.

Terpisah, anggota Komisi B DPRD Pati yang juga bagian dari tim Banggar, Ali Mundir, juga membenarkan bahwa anggaran perubahan APBD 2023 masih dibahas.

“Saat ini masih dibahas, karena rapat paripurna kemarin Jumat diundur,” tutupnya. (Lingkar Network | Arif Febriyanto – Lingkarjateng.id)

Exit mobile version