54 SD di Kudus Matangkan Persiapan Implementasi Kurikulum Merdeka

54-SD-di-Kudus-Matangkan-Persiapan-Implementasi-Kurikulum-Merdeka

SAMBUTAN: Kepala Disdikpora Kudus Harjuna Widada saat memberikan sambutan dalam kegiatan IHT Implementasi Kurikulum Merdeka di SD 1 Barongan, Rabu (6/7). (Nisa Hafizhotus Syarifa/Lingkarjateng.id)

KUDUS, Lingkarjateng.id – Sebanyak 54 Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). Kegiatan bimtek ini dilakukan untuk mematangkan persiapan sekolah yang akan menerapkan IKM pada tahun ajaran baru nanti.

Bimtek Implementasi Kurikulum Merdeka tersebut diselenggarakan oleh Koordinator Wilayah (Korwil), Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) dan Pengurus Kelompok Kerja Guru (KKG) Kecamatan Kota. Pelaksanaannya diadakan di SD 1 Barongan, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus mulai tanggal 6 Juli hingga 8 Juli 2022.

“Acara inti untuk pemberian materinya itu hari ini dan besok. Kemudian nanti akan ada tugas mandiri yang maksimal dikumpulkan pada tanggal 8 Juli nanti,” kata Kepala Sekolah SD 1 Barongan, Maskat di sela-sela kegiatan Bimtek IKM, Rabu (6/7).

Persiapan Tahun Ajaran Baru, Guru SD di Kudus Ikuti Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka

Ia menyampaikan, kegiatan ini diadakan untuk membekali para guru dan Kepala Sekolah mengenai penerapan Implementasi Kurikulum Merdeka. Pasalnya, Implementasi Kurikulum Merdeka akan segera diterapkan pada tanggal 11 Juli 2022 mendatang.

“Peserta yang hadir itu Kepala Sekolah, guru kelas I dan kelas IV, guru mata pelajaran olahraga dan guru pendidikan agama,” ucapnya.

Total ada 205 guru beserta Kepala Sekolah yang ikut dalam kegiatan Bimtek Implementasi Kurikulum Merdeka tersebut. Sementara, narasumbernya berasal dari Korwil di Kecamatan Kota.

54 SD yang ikut dalam kegiatan itu pun merupakan seluruh sekolah di Kecamatan Kota yang akan menerapkan Implementasi Kurikulum Merdeka di tahun ajaran 2022/2023. Hal ini lantaran Pemerintah Pusat telah mengeluarkan peraturan bahwa untuk tahun ini seluruh sekolah harus mulai menerapkan Implementasi Kurikulum Merdeka.

“Penerapan IKM di SD tahun ajaran baru nanti masih diperuntukkan bagi kelas I dan IV, kemudian nanti bertahap akan diterapkan untuk kelas yang lain juga,” paparnya.

Sumber: Para guru dan Kepala Sekolah sedang mengikuti Bimtek Implementasi Kurikulum Merdeka. (Nisa Hafizhotus Syarifa/Lingkarjateng.id)

Materi yang disampaikan yakni seperti Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) dan ketentuan penyelenggaran IKM di sekolah. Harapannya, sekolah yang menerapkan Implementasi Kurikulum Merdeka bisa mewujudkan tujuan Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

“Semoga nanti pada tahun ajaran baru, IKM bisa diterapkan di sekolah dengan sebaik-baiknya,” harapnya.

Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kudus, Harjuna Widada pun mengapresiasi adanya kegiatan Bimtek IKM tersebut. Pihaknya pun turut hadir untuk membuka acara dalam kegiatan tersebut.

“Kami sangat mendukung sekali kegiatan seperti ini. Bahkan sembilan kecamatan di Kudus juga sudah mengadakan kegiatan seperti ini, di Kecamatan Kota ini yang terakhir,” ungkapnya.

Harjuna menilai, seluruh sekolah antusias untuk mempersiapkan IKM di sekolah pada tahun ajaran baru nanti. Dirinya pun berharap, pelaksanaan Implementasi Kurikulum Merdeka nanti dapat berjalan dengan lancar.

“Bapak ibu guru dan kepala sekolah sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Semoga penerapan Implementasi Kurikulum Merdeka nanti berjalan lancar dan sukses, serta pendidikan di Kudus bisa terus maju berkembang,” tandasnya. (Lingkar Network | Nisa Hafizhotus Syarifa – Lingkarjateng.id)