3 Desa di Kudus Dilanda Banjir, Cek Lokasinya

TERANCAM BANJIR: Akses jalan menuju Desa Setrokalangan, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus mulai tergenang banjir, pada Sabtu, 31 Desember 2022. (Istimewa/Lingkarjateng.id)

TERANCAM BANJIR: Akses jalan menuju Desa Setrokalangan, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus mulai tergenang banjir, pada Sabtu, 31 Desember 2022. (Istimewa/Lingkarjateng.id)

KUDUS, Lingkarjateng.idBanjir melanda tiga desa di Kabupaten Kudus, pada Sabtu, 31 Desember 2022 . Curah hujan yang tinggi semakin memperparah kondisi, bahkan puluhan rumah warga tergenang banjir dengan ketinggian bervariasi.

Kabar tersebut dikonfirmasi oleh Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kudus, Munaji.

“Tiga desa yang dilanda banjir tersebar di dua kecamatan, yakni Kecamatan Kaliwungu terjadi di Desa Setrokalangan, sedangkan Kecamatan Jati terjadi di Desa Jati Wetan dan Jati Kulon,” jelas Munaji.

Munaji mengatakan bahwa banjir mulai terjadi pada Jumat, 30 Desember 2022 sekitar jam 12.00 WIB. Meski begitu, warga yang terdampak banjir belum ada yang mengungsi.

Ketinggian genangan banjir di Desa Jati Kulon dan Setrokalangan memang ada penurunan, sedangkan di Desa Jati Wetan masih tetap, belum ada penurunan

“Kondisi genangan tentunya melihat curah hujannya, apakah intensitasnya menurun atau masih tetap,” ujarnya.

Sementara rumah warga yang terdampak banjir di Desa Setrokalangan terdapat 45 keluarga, sedangkan rumah yang tergenang ada lima rumah. Sedangkan di Desa Jati Wetan terdapat 650 keluarga terdampak dan 70 rumah diantaranya tergenang banjir. 

Kemudian, di Desa Jati Kulon terdapat 90 keluarga yang terdampak, sedangkan rumah yang tergenang ada 40 keluarga.

Camat Kaliwungu, Satria Agus Himawan membenarkan bahwa di daerahnya mulai dilanda banjir, terutama di Desa Setrokalangan. 

“Selain merendam akses jalan banjir juga merendam lima rumah warga dengan ketinggian sekitar 20 sentimeter,” ucapnya. (Lingkar Network | Lingkarjateng.id)

Exit mobile version