15 Siswa Ambruk saat Ikuti Upacara Kemerdekaan RI di Blora

15 Siswa Ambruk saat Ikuti Upacara Kemerdekaan RI di Blora

TERSADAR: Salah satu siswa yang baru pingsan berhasil disadarkan petugas PMI Blora. (Lilik Yuliantoro/Lingkarjateng.id)

BLORA, Lingkarjateng.id Belasan pelajar yang menjadi peserta Upacara Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia di Alun-Alun Kota Blora berjatuhan pingsan pada Rabu, 17 Agustus 2022. Diduga belasan pelajar tersebut tak kuat secara fisik karena harus berdiri di bawah terik matahari dalam waktu yang cukup lama.

Berdasarkan pantauan di lokasi, satu per satu pelajar yang jatuh pingsan ditolong anggota Palang Merah Indonesia (PMI) Blora dan PMI dari kalangan pelajar. Anggota PMI tersebut telah menyiapkan tandu dan sigap membawa para pelajar yang pingsan.

Sementara, petugas telah menyiapkan tenda untuk tempat istirahat di bagian belakang lapangan, bagi mereka yang tak kuat mengikuti jalannya upacara. Tenda tersebut juga menjadi tempat evakuasi bagi para pelajar yang jatuh pingsan.

“Kami sudah mengantisipasinya (siswi pingsan). Kemungkinan disebabkan faktor fisik, mereka tidak biasa di bawah terik matahari dan kelelahan hingga akhirnya pingsan,” ucap Kepala Markas PMI Kabupaten Blora, Yayuk.

Dirinya membeberkan, hingga berakhirnya upacara ada sekitar kurang lebih 15 pelajar yang mendapat bantuan dan dievakuasi. Beberapa korban ada yang langsung bisa disadarkan, namun ada juga yang membutuhkan penanganan medis.

“Pesan saya kepada orang tua, ke depan jika anak-anak ditugaskan kembali mengikuti upacara, untuk betul-betul diperhatikan asupannya. Mulai berangkat dan sehari sebelum upacara. Kami juga menyediakan makanan dan minuman di posko. Anak-anak tidak usah malu untuk meminta makanan jika dirasa belum makan, kami sudah siapkan,” tandasnya.

Siva Nida, salah satu pelajar SMPN 5 Blora yang jatuh pingsan menuturkan, dia merasa pusing saat mengikuti jalannya upacara hingga nyaris tak sadarkan diri.

“Saya tadi belum sarapan jadi tidak kuat. Yang dirasa pusing-pusing kena panas matahari,” tuturnya. (Lingkar Network | Lilik Yuliantoro – Koran Lingkar)

Exit mobile version