SEMARANG, Lingkarjateng.id – Harjita Kota Semarang bantu Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk bangkit dari pandemi. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan melakukan pelatihan pengembangan UMKM di Kafe Social.co pada Sabtu (12/2).
Harjita Kota Semarang menghadirkan dua pembicara yakni Taufiq Annas yang memberikan materi rumus marketing dan Indratama yang mengajarkan materi foto untuk marketing.
Divisi Kreatif Harjita Kota Semarang, Erlin Nur Azizah mengungkapkan, pihaknya memiliki misi untuk memberikan solusi dari permasalahan yang dihadapi para pelaku UMKM.
UMKM Pati Diusulkan Masuk Rest Area Jalan Tol Demak-Tuban
“Mereka banyak curhat. Banyak kendala yang dimiliki mulai dari permodalan, produksi hingga pemasaran. Nah, kami berusaha memberi solusi untuk semua kendala itu,” ujarnya, Sabtu (12/2).
Oleh karena itu, Harjita Kota Semarang memberikan workshop branding dan foto produk. Sebanyak 35 pelaku UMKM antusias mengikuti pelatihan pada siang itu. Tak bisa dipungkiri, di tengah pandemi Covid-19 ini, foto produk menjadi aspek paling penting karena pemasaran dilakukan secara daring.
“Karena hal itu maka butuh tampilan visual yang menarik. Nah, hari ini kegiatan perdana pelatihan marketing sesi pertama, kedua ada visual fotonya jadi teman-teman UKM (Usaha Kecil Menengah, Red) nanti bisa praktik memotret produk,” imbuhnya.
Galakkan Budaya Literasi, MPC Pemuda Pancasila Demak Gelar Workshop
Erlin juga menambahkan, jika pelatihan ini bukanlah yang terakhir. Tetapi masih ada lagi untuk minggu-minggu depan sampai semua UMKM paham bagaimana menyelesaikan permasalahan mereka.
Selain itu, lanjut Erlin, pihaknya akan melakukan akurasi produk-produk dari setiap UMKM dan membantu memasarkannya di Harjita Mall. “Harjita Mall nantinya akan menampung produk-produk dari UMKM yang akan dipasarkan. Namun, tidak semua produk akan serta merta dipasarkan, kami tetap akan melakukan screening,” jelasnya.
Sampai saat ini, Harjita Kota Semarang sudah punya enam ribu database UMKM. Nantinya, data tersebut akan dilakukan akurasi untuk dipamerkan di Etalase Harjita Mall. Sementara itu, Head of Harjita Akademi Taufik Anas mengungkapkan, jika banyak pelaku UMKM yang minat ikut pelatihan tersebut. Namun, karena masih di tengah pandemi, kuotanya dibatasi.
Dindagkop UMKM Demak bersama Polines Gelar Pelatihan Digital Marketing
Kendati demikian, pihaknya memfasilitasi UMKM yang tidak untuk mengikuti workshop di lokasi melalui YouTube. “Kami ada channel YouTube bernama Harjita TV, di dalamnya berisi konten edukasi UMKM,” tambahnya.
Hadir pula dalam kegiatan itu, Musthofa anggota Komisi XI DPR RI. Dia mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Harjita Kota Semarang. Menurutnya, dengan pemahaman creative digital yang baik, mereka diharapkan dapat melatih pelaku UMKM.
Musthofa mengatakan, pertumbuhan UMKM di Jawa Tengah memang cukup tinggi. Namun dikala pandemi ini, pertumbuhan ekonomi sempat menurun. Untuk itulah dengan pelatihan ini, diharapkan bisa lebih meningkatkan kualitas UMKM agar bisa mendongkrak perekonomian di tahun 2022. (Lingkar Network | Dinda Rahmasari – Koran Lingkar)