Pasien Akui Sangat Puas dengan Layanan BPJS Kesehatan yang Semakin Baik

Pasien Akui Sangat Puas dengan Layanan BPJS Kesehatan yang Semakin Baik

PUAS: Iska Riani Siti Aisyah, saat menunjukkan aplikasi Mobile JKN. (Setyo Nugroho/Lingkarjateng.id)

PATI, Lingkarjateng.id BPJS Kesehatan terus konsisten memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat. Berbagai tranformasi pelayanan kesehatan pun telah dilakukan oleh BPJS Kesehatan. Sehingga masyarakat puas dengan layanan BPJS Kesehatan.

Hal ini terlihat dari proses administrasi yang kini menjadi lebih mudah dan tidak memerlukan banyak persyaratan. Cukup menggunakan KTP, masyarakat sudah bisa mendapatkan pelayanan kesehatan, tanpa harus fotokopi berkas-berkas lain. Selain itu, alur layanan rujukan yang kini lebih efisien, serta digitalisasi pelayanan dan pengklaiman.

Kemudahan itu bisa dirasakan peserta BPJS Kesehatan saat periksa kesehatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang terbagi menjadi beberapa kategori, mulai dari dokter praktik perorangan, dokter gigi, puskesmas, dan klinik pratama.

Kemudian, di tingkat Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) yang terbagi menjadi kategori klinik utama, rumah sakit kelas D, rumah sakit kelas C, rumah sakit kelas B, dan rumah sakit kelas A.

Kepuasan layanan kesehatan BPJS Kesehatan turut dirasakan oleh Iska Riani Siti Aisyah (34) pasien asal Desa Sitirejo, Kecamatan Tambakromo, Kabupaten Pati.

Pasien dengan penderita penyakit diabetes itu sudah menggunakan BPJS Kesehatan selama tiga tahun. Ia menggunakan layanan BPJS Kesehatan setiap periksa ke RSUD RAA Soewondo Pati. Sedangkan, ia menggunakan aplikasi Mobile JKN mulai tahun 2022.

“Sudah tiga tahun. Punya penyakit gula. Untuk penggunaan Mobile JKN dari tahun kemarin, tahun 2022,” kata Iska, pada Kamis, 14 Desember 2023.

Menurutnya, meningkatnya pelayanan BPJS Kesehatan khususnya yang terbaru dapat dilihat dari kemudahan pasien dalam proses registrasi ketika periksa kesehatan.

Dirinya pun menilai bahwa, pelayanan BPJS Kesehatan semakin bertambah baik dari tahun ke tahun.

“Lebih mudah daftarnya. KTP sama BPJS atau hanya NIK saja juga bisa,” lanjutnya.

Kepuasan terhadap pelayanan BPJS Kesehatan itu, kata dia, juga dirasakan oleh teman-teman dan tetangganya yang juga sudah menggunakan aplikasi Mobile JKN.

“Teman-teman dan tetangga juga sudah menggunakan (Mobile JKN) semua. Bagus dan mudah digunakan saat periksa kesehatan,” tuturnya. (Lingkar Network | Setyo Nugroho – Koran Lingkar)

Exit mobile version